28 Mei Diperingati sebagai Hari Menstruasi Sedunia, Apa yang Harus Kamu Tau?

Penulis: Elisa Koraag

Tiap 28 Mei, diperingati sebagai Hari Menstruasi Sedunia.

Dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi, Kementerian Kesehatan RI dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), didukung oleh Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’.

Menstruasi adalah peristiwa normal pada perempuan. Keluar darah 3-7 hari setiap bulan pada perempuan yang masuk usia pubertas. Maka perlu dijaga kesehatan dan kebersihan tubuh terutama organ intim.

Saat menstruasi, area vagina menjadi lebih lembap, sehingga memicu berkembangnya bakteri dan jamur. Akibatnya, wanita lebih rentan mengalami sejumlah masalah, seperti gatal, keputihan, nyeri buang air kecil serta pembengkakan pada vagina.

Untuk mencegah sejumlah keluhan tersebut, berikut cara menjaga kesehatan vagina saat menstruasi:

1. Gunakan pakaian berbahan yang menyerap keringat.

2. Sering bersihkan area vagina.
Membersihkan vagina dan area di sekitarnya sesering mungkin menjadi langkah menjaga kesehatan vagina saat menstruasi selanjutnya. Disarankan untuk membersihkan vagina setiap selesai buang air. Bersihkan dari depan ke belakang, atau dari vagina menuju anus, jangan sebaliknya. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke vagina.

3. Bersihkan organ intim, pakai sabun khusus.
Menggunakan sabun khusus kewanitaan yang pH-nya tinggi

4. Sering ganti pembalut dan gunakan pembalut berdaya serap tinggi.
Maksimal 4 jam. Kalau belum 4 jam mau buang air kecil, sebaiknya ganti pembalut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here