Anjing Dapat Berduka atas Kematian Sahabat Anjing

Penulis: Suko Waspodo

Sebuah studi baru menemukan bahwa anjing yang masih hidup dapat menunjukkan perubahan perilaku.

Poin-Poin Penting

  • Peneliti melakukan survei terhadap orang-orang yang memiliki setidaknya dua anjing, salah satunya mati sementara yang lain masih hidup.
  • Perilaku anjing yang bertahan hidup tidak dipengaruhi oleh lamanya waktu kedua anjing itu hidup bersama.
  • Hubungan persahabatan antara dua anjing dan kesedihan pemilik meningkatkan kemungkinan perubahan perilaku negatif pada anjing yang masih hidup.

Setiap pemilik anjing akan memberi tahu Anda bahwa hewan peliharaan mereka dapat membentuk ikatan sosial yang kuat dan menunjukkan reaksi emosional yang kompleks. Bahkan, mungkin tampak jelas bagi sebagian orang bahwa anjing mungkin menunjukkan kesedihan sebagai tanggapan atas kehilangan. Meskipun respons kesedihan telah dilaporkan secara luas pada spesies sosial lainnya, termasuk kera besar, paus dan lumba-lumba, gajah, dan corvids, ada beberapa studi ilmiah objektif tentang kesedihan pada anjing peliharaan.

Sekelompok peneliti membahas kesenjangan ini dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan hari ini di jurnal Scientific Reports. Federica Pirrone dari University of Milan dan rekan mensurvei 426 pemilik anjing Italia yang memiliki setidaknya dua anjing, salah satunya mati sementara yang lain masih hidup. Para peneliti menggunakan kuesioner online yang telah divalidasi sebelumnya yang memungkinkan mereka mengumpulkan data tentang respons kesedihan pada pemilik dan anjing yang masih hidup setelah kehilangan anjing yang hidup bersama. Selain melaporkan perubahan perilaku anjing yang masih hidup, pemilik memberikan informasi tentang hubungan sebelumnya antara anjing mereka dan tingkat kesusahan mereka sendiri setelah kehilangan hewan peliharaan mereka.

Hubungan Antara Dua Anjing

Secara keseluruhan, sebagian besar orang melaporkan perubahan perilaku pada anjing setelah kematian anjing yang hidup bersama, termasuk peningkatan perilaku mencari perhatian dan penurunan makan, bermain, dan aktivitas umum. Perubahan perilaku ini tidak terkait dengan durasi waktu anjing hidup bersama, yang mungkin diharapkan jika perubahan itu hanyalah cerminan dari gangguan rutinitas harian anjing. Sebaliknya, Pirrone dan rekan-rekannya menemukan bahwa hubungan antara kedua anjing itu yang penting.

“Delapan puluh enam persen peserta mengamati perubahan negatif dalam perilaku anjing yang masih hidup setelah kematian anjing lain, tetapi hanya ketika kedua anjing itu terikat oleh hubungan yang sangat ramah, atau bahkan sebagai orang tua,” kata Pirrone. “Kualitas ikatan mereka adalah faktor utama yang mempengaruhi perubahan ini.”

Pengaruh Duka Pemilik

Faktor lain yang memengaruhi respons kesedihan pada anjing adalah tingkat kesedihan pemiliknya. Anjing yang selamat dilaporkan lebih takut ketika pemiliknya menunjukkan tanda-tanda penderitaan, kemarahan, dan trauma psikologis yang lebih jelas setelah kematian hewan peliharaan mereka. Pirrone dan rekan-rekannya mengatakan ini mungkin menunjukkan penularan emosional atau bentuk primitif dari empati lintas spesies.

Anehnya, cara pemilik berhubungan dengan hewan dan mewakili hidup/mati mereka tidak berkorelasi dengan perubahan perilaku pada anjing yang masih hidup.

“Hal ini penting karena menunjukkan bahwa pemilik, dalam menggambarkan perubahan ini, tidak hanya memproyeksikan penderitaannya ke anjing yang masih hidup, dan karena itu lebih mungkin bahwa perubahan perilaku yang dilaporkan itu nyata,” kata Pirrone.

Tetapi Pirrone dan timnya memperingatkan bahwa, meskipun perubahan perilaku ini mungkin nyata, mereka tidak dapat mengatakan dengan pasti bahwa itu mewakili kesedihan.

Tegangan Perpisahan

“Hasil kami membuka jalan bagi kemungkinan nyata bahwa anjing peliharaan mungkin merasa sedih atas kematian temannya,” kata Pirrone. “Namun, perubahan perilaku yang diamati mungkin merupakan indikasi stres pemisahan. Oleh karena itu, saat ini kami tidak dapat mengetahui dengan pasti apakah anjing merespons ‘kehilangan’ afiliasi atau ‘kematian’ mereka.”

Apa pun yang Anda beri label, reaksi anjing terhadap kehilangan teman adalah masalah kesejahteraan yang penting. Pirrone berharap bahwa pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dialami anjing setelah kehilangan akan membantu kita menjadi pengasuh yang lebih baik dari kebutuhan emosional hewan peliharaan kita.

“Saat ini, jutaan keluarga di seluruh dunia hidup dengan lebih dari satu anjing,” katanya. “Mengetahui reaksi perilaku dan emosi yang ditimbulkan oleh kematian seekor anjing sangat penting karena akan memungkinkan kita untuk mengenali kebutuhan emosional banyak hewan—dan manusia—yang sebenarnya berisiko menderita kehilangan anjing pendamping.”

***

Solo, Sabtu, 26 Februari 2022. 10:39 am
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here