Begini Kerennya Ukhti-ukhti Arab Tulen dan Tunggangannya

Ukhti Arab dengan sepedanya.

Penulis: Kuss Indarto Kusnan

Kostum Moderat Para Perempuan Arab Kini

Tanggal 30 November 2020 kemarin situs berita Arabnews.com memberitakan tentang berdirinya sebuah klub pelatihan bersepeda profesional. Doves Ride nama klub tersebut. Kedudukannya di kota Riyadh, Arab Saudi. Para perempuan menjadi target utama dari aktivitas klub sepeda ini.

Bersepeda kini menjadi olahraga yang sangat familiar dan populer di Arab Saudi, di samping mendaki gunung, yoga, dan lainnya. Bahkan sejak tahun 2018 ada perhelatan tahunan seperti balap sepeda Saudi Tour dan General Sports Authority yang berlangsung di Jeddah. Perhelatan itu terbilang sukses menumbuhkan minat bagi banyak perempuan atas olahraga tersebut.

Doves Ride merupakan klub pelatihan bersepeda profesional pertama Saudi Arabia dengan lisensi lokal dan internasional. Pendiri Doves Ride sekaligus pelatihnya, Shahd Alturki mengatakan tentang alasan dia membentuk klub tersebut.

“Saya mendirikan Doves Ride untuk menciptakan lingkungan bagi para perempuan dan keluarga tempat mereka bisa berolahraga,” tutur Alturki, seperti yang ditulis oleh reporter Hala Tashkandi di Arab News pada 30 November kemarin.

Berita lengkapnya bisa Anda baca di arabnews.com. Saya justru tertarik dengan akun Instagram mirip klub Doves Ride ini. Dari foto-foto tersebut terlihat dengan jelas betapa para perempuan generasi muda atau milenial Arab Saudi cukup moderat. Mereka terlihat tidak sangat kaku memberlakukan aturan berpakaian dalam berolahraga. Beberapa di antara mereka dengan bebas membiarkan rambut tergerai, memakai kaos berlengan pendek, atau celana panjang training ketat di tempat umum.

Sepertinya banyak di antara kita melihat Arab Saudi dari perspektif waktu masa lampau, sementara mereka terus bergerak mengikuti waktu terkini.

Ukhti lebih cantik kalau berhijab. Afwan, hanya mengingatkan.

 

Tulisan ini sudah dipublikasi di laman FB Kuss Indarto Kusnan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here