Begini Persiapan Kementerian Luar Negeri untuk Evakuasi WNI dari Hubei

SintesaNews.com – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, sore ini, 31/1/2020, memberikan pernyataan persnya terkait rencana evakuasi WNI dari Provinsi Hubei. Sesuai instruksi Presiden Jokowi, Menlu Retno langsung mempersiapkan berbagai langkah yang diperlukan.

“Pagi ini, saya telah bertemu dengan Dubes RRT di Jakarta. Beliau telah menyampaikan clearance pendaratan dan pergerakan pesawat untuk evakuasi WNI dari provinsi Hubei. Dalam kaitan ini, kami ingin menyampaikan apresiasi kita atas kerja sama yang telah diberikan oleh otoritas RRT,” kata Retno dalam pernyataan persnya.

Dalam kesempatan itu Menlu memaparkan tahapan langkah-langkah evakuasi. “Keberangkatan pesawat penjemput bersama tim akan dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam,” lanjutnya.

Beberapa point penting dalam keterangan persnya antara lain, pesawat yang digunakan adalah pesawat berbadan lebar agar semua WNI yang bersedia dievakuasi dapat diterbangkan secara langsung tanpa melalui transit. Sementara itu persiapan penerimaan di Indonesia juga terus dilakukan sesuai dengan prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku. Menlu juga menginformasikan bahwa siang tadi telah mengkoordinasikan tim aju (advance team) KBRI Beijing yang telah memasuki provinsi Hubei. Persiapan di beberapa titik di Provinsi Hubei khususnya Wuhan saat ini sedang berjalan.

Sementara itu persiapan penerimaan di Indonesia juga terus dilakukan sesuai dengan prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku

Menlu menutup keterangan persnya dengan menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama yang sangat baik yang telah diberikan oleh berbagai Kementerian dan Lembaga antara lain Kementerian Kesehatan, Mabes TNI, Perhubungan, Kumham, BNPB dan Kepolisian. Menlu juga menyampaikan ke pers bahwa semua perkembangan ini telah dilaporkan kepada Presiden Republik Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here