Berat Rasanya Meninggalkan Profesi Guru

Dengan murid-murid. Foto: Dra. Santi Ikhtiarini, SH, MKn.

Hatiku masih ser ser jika liat foto aku bersama muridku. Guru adalah dunia yang ku geluti 33 tahun. Aku masih rindu dengan dunia anak didikku yang lucu, di balik kehidupannya kadang kita bercanda kadang kita marahi. Mereka punya dunia dan keasyikan sendiri bersama teman-temannya di balik mereka empati atau sebal dengan gurunya yang kasih tugas seabreg.

Profesi seseorang tidak untuk dicemburui atau ditiru. Karena dalam profesi seseorang ada kebanggaan tersendiri ada nilai dan kepuasan yang tidak bisa sekedar ditiru. Sekarang saya sudah tidak lagi menjadi guru, saat ini saya beralih fungsi jadi notaris.

Menjadi guru tetap menyenangkan buatku. Bangga dan bikin awet muda karena kita secara tak sadar masuk dalam dunia mereka, saat kita memang sih tidak sampai ke hati.

Hati kita tetap sayang dan kadang kita geli dan ikut suka cita di balik marahnya kita karena ulah anak-anak seusia itu yang begitu menggemaskan.

Tanpa sadar kini aku telah terhempas di dunia lain, kutinggalkan dunia mereka yang asyik tanpa sadar, 3 semester tak bertemu dengan mereka dan langsung good bye.

OPINI

Penulis

Dra. Santi Ikhtiarini, SH, MKn.

 

Saya sekarang seorang notaris, yang kuhadapi sekarang beda, tumpukan persoalan yang harus diselesaikan untuk membantu mereka, tapi yang jelas menghilang adalah keceriaan dan keunikan dalam tingkah laku anak muda yang tak lagi ku jumpai.

Uang sih memang secara otomatis mengikuti kompetensi dan kesanggupan-kesanggupan kita…, tapi oh…😭😭😭 dunia hiburan yang indah tak lagi ku dapati.

Aku tak menyimpan foto-foto bersama anak didik, teman sempatkan berfoto dan mendokumentasikannya, buat kenangan di kala kita tak lagi bersamanya.

Semua yang kita torehkan dalam hati anak-anak kita adalah amalan yang akan menghantar kita ke surga dan saya merasa di setiap sudut peristiwa yang saya jumpai saat jadi PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) ini adalah buah dari amalan yang kita tabur saat menjadi pendidik.

Karena saya selalu berjumpa dengan kebaikan dan pertolongan.

GURU OH GURU AKU MENCINTAI MU.., AKU BANGGA DAN TERHARU DENGAN PROFESI ITU..😭😭😭 aku rindu dengan tugas-tugasmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here