Berita Tidak Penting, Hamil karena Kemasukan Angin, Dokter Bilang Itu Psikosomatik

SintesaNews.com – Kemarin beredar berita mengenai seorang perempuan yang telah menjanda di Cianjur tiba-tiba hamil karena menurut pengakuannya ada angin masuk melalui organ genitalnya.

Berita tak bermutu ini bukan baru kali ini saja pernah diberitakan di media online nasional. Sekitar 2 tahun lalu juga pernah ada yang mengaku serupa seperti Siti Zainah, nama perempuan Cianjur tersebut.

Dilansir dari TribunNews 2 tahun lalu seorang dokter kandungan dr. Soffin Arfian, SpOG, dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, menerangkan bahwa memang ada penjelasan medis terkait pengakuan konyol perempuan tersebut.

Dokter kandungan terkemuka ini mengatakan banyak perempuan yang tidak sadar dirinya hamil karene berhubungan dengan psikis.

“Jadi ada yang merasa dia tahu dia hamil tapi dia menolak untuk menyadari bahwa ia sedang hamil, ini yang cukup banyak, nah ada kasus yang lain juga, susah hamil, lalu dia merasa hamil, itu disebut hamil kosong, atau pseudocyesis, ini juga ada,” ujar dr. Soffin.

Ia menuturkan jika penyakit tersebut berhubungan dengan kejiwaan yang ada di kategori penyakit psikosomatik.

“Jadi ada yang merasa hamil padahal ngga hamil, ada juga yang merasa tidak hamil, padahal dia hamil, nah itu semua berhubungan dengn psikis, memang ada, nah penyakitnya disebut penyakit-penyakit kategori psikosomatik,” terang Soffin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here