Dua Bulan Gula Kosong, Bulog Kerjasama dengan Gulaku

Jokowi cek stock gudang Bulog, 18/3.

SintesaNews.com – Masyarakat sudah tau dalam 2 bulan ini banyak rumah tangga dan UKM kuliner yang kesulitan memperoleh gula. Jika pun ada, harganya bisa Rp 15 ribu-18 ribu bahkan ada yang mencapai Rp 20 ribu per kg-nya.

Salah satu RPK (Rumah Pangan Kita) sebagai agen mitra Bulog dalam distribusi bahan-bahan pokok, dalam 2 bulan ini tidak bisa mendapatkan stock gula dari Bulog. Selalu disebut stock kosong.

Kemarin Rabu, 18/3, Presiden Jokowi tiba-tiba sidak (inspeksi mendadak) ke Gudang Bulog di Kelapa Gading. Jokowi disambut Dirut Bulog Budi Waseso berkeliling mengecek stock bahan pokok di gudang pusat Bulog.

Dalam kesempatan itu Jokowi perintahkan ke Budi Waseso, “Langsung keluarkan ini ya. Operasi pasar.”

Hari ini Bulog melakukan Operasi Pasar di 5 wilayah DKI Jakarta, di Pasar Kramat Jati, Pasar Cempaka Putih, Pasar Mampang, Pasar Koja dan Pasar Tomang Barat.

Dalam Operasi Pasar Bulog tersebut gula ternyata ada stocknya, di harga Rp 12.500 per kg.

Bulog Kerjasama dengan Gulaku untuk Pengadaan Gula

Pihak Bulog mengatakan bahwa stock gula memang kosong, gula yang dijual pada operasi pasar adalah merk Gulaku, bukan merk Gula Kita (produk Bulog). Bulog dalam operasi pasar menggandeng Gulaku untuk bekerjasama menyediakan pengadaan gula dengan harga terjangkau untuk masyarakat.

Sementara itu Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri mendapati perusahaan Gula di Lampung menimbun hingga 100 ribu ton gula pasir. Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan penemuan Polri soal perusahaan yang menimbun 100 ribu ton gula di Lampung, Selasa 17 Maret 2020, dan meminta agar gula tersebut dikirim ke Jakarta.

โ€œKemarin kita laksanakan sidak ke Lampung. Ada beberapa perusahaan yang memiliki stok besar sekali kurang lebih 75 ribu sampai 100 ribu ton. Dan itu tak terdata di kita. Kita minta untuk segera menyalurkan dengan pemda untuk stok gula tersebut dikirim ke Jakarta. Dan sepakat mulai hari ini akan dikirimkan kurang lebih 33 ribu ton,โ€ kata Sigit saat memeriksa ketersediaan pangan di PT Food Station Cipinang Jaya, Jakarta Timur, Rabu 18 Maret 2020.

12 COMMENTS

  1. Ada cukong..sengaja mau menimbun..
    Kalau ketahuan pak Aparat tangkap dan hukum dengan suruh makan gula yg ditimbun,ngak usah banyak pak cukup1kg sekali minum, 3 x sehari selama seminggu pak.habis itu sdh bebaskan.kita bisa lihat pak reaksi obatnya.hehehehe

  2. Oalah, tipikal orang Indonesia, ‘SELALU BERUSAHA CARI KWSEMPATAN dari kesusahan orang2…๐Ÿ˜ž๐Ÿ˜ญ

  3. Pecat dirut Bulog krn tidak turun kelapangan utk cek sendiri…masa mesti Presiden…๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ก

  4. Gula memang ada di Bulog tapi stoknya terbatas sehingga distribusi ke RPKpun dibatasi, jadi yg mengatakan gula kosong itu kurang tepat, lebih tepatnya stoknya terbatas dan alhamdulillah kita sudah diijinkan impor gula untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

  5. Di kalbar stock gula sudah lama kosong.
    Buat RPK pun di tiada kan.
    Sama hal nya dengan daging dll.
    Hanya beras yg ada di RPK.
    RPK INI di buat untuk apa sebenar nya.?
    Mohon petunjuk nya…

  6. Kenapa gak langsung di pecat dan sel kan!!
    Jangan hanya masyarakat yg nimbun masker aja
    Di denda yg tak masuk akal dan di sel..

  7. Jangan HOAX ya media sampah.. ini foto pak president ngcheck beras untuk melihat stock pangan saat ad wabah.. fotony ad di IG pak president sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here