Ingin Cegah Virus Corona, 27 Orang Iran Tewas Akibat Tenggak Alkohol Industri

Pemadam kebakaran Iran menyemprotkan disinfektan di Teheran. Photo: STR/AFP / timesofisrael.com

SintesaNews.com – Entah apa yang merasuki ratusan orang Iran, maksud hati ingin mencegah diri dari terinfeksi virus corona, malah harus masuk Rumah Sakit, menjadi cacat, bahkan meninggal akibat menenggak alkohol industri.

Dilaporkan dari abcnews.go.com yang memperoleh informasi dari agen berita Iran Mehr News bahwa sebanyak 27 orang Iran tewas keracunan alkohol industri. Sementara 128 orang lain masuk Rumah Sakit dalam kondisi kritis, salah satunya bahkan menjadi buta oleh sebab yang sama (keracunan alkohol industri).

Ratusan orang Iran itu nekat menenggak alkohol industri untuk bahan sanitizer karena mendapat informasi bahwa virus corona bisa mati oleh alkohol. Sedangkan di Iran, penjualan minuman beralkohol dilarang. Ratusan orang itu nekat membeli alkohol dari pasar berupa alkohol untuk industri sanitizer.

Kejadian itu terjadi di Provinsi Khuzestan dan Alborz pada Hari Senin lalu.

“Beberapa warga Ahwaz mendengar bahwa minum alkohol dapat membuat mereka menangkal virus corona, maka itu mereka lakukan sebagai tindakan pencegahan,” kata Ali Ehsanpour, juru bicara Ahwaz University of Medical Sciences.

Dengan mewabahnya virus corona (Covid-19) di Iran, banyak rumor dan isu yang tidak ilmiah tersebar di media sosial mengenai bagaimana caranya menangkal virus corona tersebut. Salah satunya adalah dengan meminum alkohol.

Iran diketahui sebagai salah satu negara yang terpukul berat dengan mewabahnya virus corona di Timur Tengah. Angka resmi pasien yang terinfeksi virus corona di Iran hingga Senin adalah 7,161 — 237 meninggal dunia dan 2,394 mulai pulih kesehatannya. Ini dikatakan oleh juru bicara Kementerian Kesehatan Iran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here