Ini Cara Masuk Menjadi Pramugari Menurut Rizky Anggraini

Penulis: Wandi Ruswannur

Menjadi pramugari merupakan salah satu profesi idaman banyak wanita karena dinilai sebagai profesi bergengsi. Apalagi, industri penerbangan di Indonesia kian berkembang sehingga banyak maskapai berlomba-lomba menambah armada yang tentu saja membutuhkan banyak kru.

Rizky Anggraini, Flight Attendant Garuda Indonesia menceritakan pengalamannya mengenai trik atau cara masuk agar bisa diterima sebagai pramugari.

“Awal mula bisa menjadi pramugari, sewaktu saya masih kerja di bidang perhotelan dan melihat kehidupan teman di media sosial yang berprofesi sebagai pramugari terlihat bahagia bisa berkeliling berbagai negara, di saat itulah saja ingin menjadi seorang pramugari,” ucapnya kepada SintesaNews.com, Jumat (25/02/2022).

Setelah itu Kiki mencari tahu trik dan syarat-syarat untuk bisa lolos sebagai pramugari guna mempersiapkan diri pada saat tes yang akan dihadapi di hadapan penguji.

“Persiapannya mulai dari menurunkan berat badan agar ideal, memperbaiki gigi yang berlubang, lebih merawat muka agar tidak berjerawat. Alhamdulillah setelah mengikuti semua tesnya, saya pun dinyatakan lulus dan bisa mengikuti training flight attendant,” sambung pemilik akun instagram @kikyyanggraini

Gadis kelahiran Dili-NTT ini menambahkan trik sebelum seleksi pramugari, yaitu mencari tahu dulu kualifikasi pramugari apa saja agar dapat mempersiapkan diri sebelum seleksi, seperti contohnya menyesuaikan berat badan dengan body mass index, jika ada gigi yang berlubang agar diperbaiki, belajar berbahasa Inggris, cari tahu mengenai perusahaan maskapai tersebut.

“Pada saat seleksi harus percaya diri jangan pesimis dan yang tak kalah pentingnya adalah meminta restu dan doa agar di permudah jalan kita untuk menjadi seorang pramugari,” imbuhnya. Alhamdulillah orang tua saya sangat support dalam menjalani bekerja di profesi ini karena melihat perkembangan kehidupan saya menjadi lebih baik dari segi penghasilan dan karir,” ucapnya.

Menurut Kiki, suka menjadi pramugari adalah bisa bertemu orang banyak dari berbagai kultur dan dengan latar belakang yang berbeda, sehingga bisa mempelajari hal-hal baru dari orang tersebut, ketika penumpang merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan di situ saya merasa bahagia, kerja bisa sambil explore berbagai daerah di dalam mau pun luar negeri, mempelajari budaya setempat, dan mencicipi kuliner-kuliner khas daerah setempat dan masih banyak lagi.

“Dukanya adalah sangat jarang sekali bisa merayakan hari-hari besar Nasional dan keagamaan dengan keluarga, karena jadwal penerbangan tidak mengenal hari, profesi yang high risk,” ucapnya.

Gadis yang hobinya travelling ini menyebut bahwa generasi muda yang baik adalah generasi muda yang memiliki cita-cita, mengetahui apa yang ingin dilakukannya di masa yang akan datang, selalu ingin menggali potensi yang ia miliki dan menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Jangan mudah menyerah, jika gagal, jangan takut untuk mencoba lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here