James Bond Ternyata Spy Betulan.

Penulis: Esther Wijayanti

Film James Bond mulai ditayangkan tahun 1962, menceritakan kehebatan agen rahasia Inggris, biasanya bersaing dengan agen rahasia Amerika untuk mencapai tujuannya.

Film-filmnya selalu seru. Tapi siapa sangka kalau film film ini merupakan operasi intelijen Inggris betulan?

Film James Bond ditulis oleh Ian Lancaster Flemming. Ian Flemming adalah Naval Intelligence Officer di Britain’s Naval Intelligence Division. Dia juga turut dalam tim pembentuk Operation Goldeneye dan merupakan anggota dewan pengawas dua intelligence unit, 30 Assault Unit and T-Force.

Jelas ya, Ian Flemming ternyata top intelligent officer di Naval Intelligence Division, dia yang membuat seluruh jalan cerita film-film James Bond.

Sean Connery memerankan James Bond sejak awal mula pemutaran film di tahun 1962 hingga 1983, adalah anggota Royal Navy. Sama seperti Ian Flemming, Sean Connery juga anggota Royal Navy.

David Niven memerankan James Bond di tahun 1967, adalah seorang Letnan Kolonel di Highland Light Infantry.

Roger Moore memerankan James Bond tahun 1973 hingga 1985. Roger More bergabung dengan Royal Army Service Corps berpangkat Letnan Dua. Kemudian ditugaskan menjadi officer di Combined Services Entertainment section sebagai Kapten.

Pasca kiprahnya di dunia sinema, Roger Moore ditunjuk sebagai ambassador di UNICEF, yang membuatnya lebih leluasa untuk mengerjakan tugas tugas intellijennya.

Pasca 1985, film film James Bond tidak lagi diperankan oleh anggota militer Inggris, tapi sudah diperankan oleh aktor-aktor perfilman biasa.

Nah, ternyata film ini merupakan proyek intelijen betulan. Saat itu, rupanya intelijen Inggris sedang bersaing dengan intelijen Amerika dan intelijen negara lain, sehingga perlu dilakukan propaganda lewat film.

Jadi kepo nih, film film James Bond ada hubungannya dengan aktifitas intelijen Inggris di negara yang diceritakan dalam film-filmnya nggak ya?

Esther Wijayanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here