Kemal Hidayat, Pemuda Asal Karawang Jadi Putera Pertanian Indonesia

Penulis: Wandi Ruswannur

Kemal Hidayat, Pemuda asal Karawang Jawa Barat resmi terpilih menjadi Putera Pertanian Indonesia menyisihkan kontestan dari provinsi lain dari Sabang sampai Merauke.

Saat dikonfirmasi media, Senin (10/01/2022), Kemal bercerita awal mula dirinya mengikuti ajang pemilihan Putera Puteri Pertanian Indonesia.

“Awalnya itu dari sosial media dan kebetulan kaka tingkat di fakultas ada yang sudah berpengalaman di Putera-Puteri Pertanian Jawa Barat,” katanya.

Ia mendapat banyak masukan, saran dan sharing pengalaman hingga akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi Putera Pertanian Jawa Barat.

“Persiapan yang saya jalani lebih ke diskusi dengan kaka tingkat yang sudah berpengalaman dan alhamdulillah perjalanan tahap demi tahap kegiatan bisa saya lalui dengan baik hingga bisa menjadi winner di Putera Pertanian Jawa Barat,” ujar pemuda yang kuliah di Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kemal Hidayat.

Lantas Kemal mengatakan setelah pelaksanaan acara Putera-Puteri Pertanian Jawa Barat selesai, lalu mempersiapkan diri untuk seleksi Putera Puteri Pertanian Indonesia mewakili Jawa Barat.

“Setelah saya dinobatkan menjadi Putera Pertanian Indonesia, agenda kegiatan yang dilakukan yaitu mengajak generasi milenial untuk lebih memperhatikan sektor pertanian, membantu UMKM pertanian dengan cara membranding produknya serta melakukan kunjungan pada usaha pertanian dan lembaga pertanian setempat,” ungkapnya.

Adapun untuk advokasi, Kemal menyebutkan yang sudah dilakukan adalah mengajak generasi milenial untuk turun langsung ke lahan pertanian, minimal menanam tanaman di sekitar pekarangan rumah.

“Saat ini saya pun melakukan pengabdian kepada masyarakat desa melalui program pemberdayaan pertanian dengan memberikan motivasi dan inovasi di sektor pertanian,” beber Kemal yang hobi olahraga.

Sejak saat itu, Kemal bercita-cita ingin menjadi Menteri Pertanian karena melihat negara Indonesia memiliki banyak potensi pertanian yang sangat besar tetapi masih banyak yang belum di optimalkan dengan baik dan lahan pertanian yang sudah dialihfungsikan menjadi proyek infrastruktur lain seperti jalan, pabrik, perumahan dan lain-lain.

Kemal Hidayat.

“Sejauh ini support dari orang tua dan Yayasan El-John sangat luar biasa yang selalu mendo’akan setiap kegiatan yang saya lakukan dan jadi tempat saya untuk diskusi terhadap permasalahan yang saya hadapi,” jelas pria kelahiran tahun 2000 ini.

Terakhir, Kemal mengajak teman-teman generasi millenial, mari sama-sama mempertahankan lahan pertanian yang ada, karena pertanian adalah ujung tombak dari kemajuan suatu bangsa.

“Ingat, semua orang butuh pangan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here