Longsor Sapu Rumah Seorang Warga Pacitan Hingga Lenyap

SintesaNews.com PACITAN – Turunnya hujan semalam di Pacitan, Jawa Timur, berdampak pada kondisi tanah yang labil di perbukitan. Akibatnya tanah di perbukitan itu runtuh dan menimpa sebuah rumah warga, Selasa (15/ 12).

Bukit setinggi kisaran 15 meter yang bertengger di Desa Tumpuk, Kecamatan Bandar, tersebut longsor dan menimpa rumah yang didiami Sarip, 55 tahun. Bangunan rumah milik korban itu lenyap, sehingga pemilik terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya.

Operator Pusdalops BPBD setempat mencatat, sedikitnya terdapat dua titik longsor di dua kecamatan, yang wilayahnya terpagari bebukitan tersebut.

Bencana tanah longsor yang lain terjadi di Desa Sempu, Kecamatan Nawangan, dan menimpa rumah yang milik Boyadi. Kerusakan pada rumah Boyadi tidak begitu parah, namun peristiwanya membuat pemilik rumah mawas takut munculnya longsor susulan.

Kepada SintesaNews.com, Anjar, warga setempat, menuturkan terjadinya tanah longsor itu didahului berlangsungya hujan yang mengguyur pada malam sebelumnya.

“Pokoknya pada malam harinya itu hujan deras. Tidak disertai angin, tapi hujannya lama. Kemudian keesokan harinya terjadi tanah longsor ini,” ucap Anjar.

Rumah warga Pacitan yang tertimpa tanah longsor. Foto: Bambang cuk Winarno.

Tim penanggulangan kebencanaan setempat dari unsur BPBD, PMI, TNI, Polri dan masyarakat terlibat pembersihan material longsor. Mereka bekerja ekstra waspada lantaran takut terjadinya bencana susulan.

Tidak dilaporkan adanya korban jiwa maupun luka dalam bencana alam itu. Juga tidak tercatat adanya kerusakan fasilitas umum maupun vital, seperti jaringan listrik atau pun instalasi penting lainnya.

Meski demikian, mengingat wilayah Pacitan secara umum dipenuhi bebukitan, pihak pemerintah setempat menghimbau warganya agar tetap waspada. (fin)

 

Reportase: Bambang cuk Winarno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here