Magiana Ignasia Sinaga, Puteri Indonesia Intelegensia 1 2022 dengan Segudang Prestasi dan Advokasi

Magiana Ignasia Sinaga, Puteri Indonesia Intelegensia 1 2022

Penulis: Wandi Ruswannur

Gelaran pemilihan Puteri Indonesia 2022 di Jakarta pada 27 Mei 2022, telah selesai dilaksanakan. Salah satu hasilnya adalah terpilihnya Magiana Ignasia Sinaga yang akrab dipanggil Gina, Puteri Indonesia Kalimantan Timur sebagai Puteri Indonesia Intelegensia 1 2022.

Pada kompetisi Ratu Kecantikan pertama dan terbesar di Indonesia ini, Puteri Indonesia Intelegensia 1 adalah gelar yang diberikan untuk Puteri yang paling berprestasi dan unggul secara akademik dan intelektual.

Gadis kelahiran 19 Agustus 1997 ini mengatakan bahwa penilaian dilaksanakan saat masa karantina, yang diikuti 31 finalis puteri yang sudah menyelesaikan pendidikan S1, S2 dan seterusnya juga tetap mengikuti tes.

“Tahapannya meliputi test essay tertulis yang menjelaskan tentang CV prestasi/pendidikan/critical thinking/strategic planning hidup kedepannya secara edukasi dan pengembangan diri, Focus Group Discussion (FGD) antar finalis yang membahas issue pandemi terkini dan interview 1 on 1 dengan dengan Professor Roy Darmawan selaku pemberi hadiah beasiswa Master S2 dari IPMI International Business School,” tutur pemilik akun instagram @ginasinaga ini.

Sistemasi setiap rangkaian proses tes dikalkulasi dan ditentukanlah Puteri Intelegensia 1-2022 dengan skor tertinggi, yang diraih oleh Gina.

“Karena itu saya harus bertanggung jawab menekuni beasiswa S2 dari IPMI International Business School Master of Business Adminsitration (MBA) Program. Juga terus menjalankan profesi dan minat saya di bidang pendidikan dan kesehatan mental, menjadi pelatih coach/trainer seputar keterampilan hidup/life skills, menjadi pembicara dan pemateri seputar kesehatan mental dan pengembangan diri, serta pelatihan hard skills dan soft skills lainnya, guna mencerdaskan bangsa secara intelektual maupun secara mental,” ucap Sarjana Psikologi Universitas Indonesia ini.

Magiana Ignasia Sinaga, Puteri Indonesia Intelegensia 1 2022

Sebelumnya, Gina telah mendirikan Komunitas Wellness Worthy seorang diri dengan visi menjadikan platform pemberdayaan kesejahteraan hidup yang berkontribusi untuk mengadvokasi masyarakat dalam memperbaharui keseimbangan dan kualitas hidup secara fisik, mental, dan spiritual.

“Kami menjalankan misi yaitu; penyediaan program, perawatan, dan inspirasi bermakna; mempromosikan manfaat positif dan pentingnya menjaga pola hidup sehat; dan berkolaborasi bersama para ahli dalam mengkoordinasikan sistem dukungan berbasis komunitas untuk hidup dan bertumbuh dengan sehat dan seimbang,” ujar Gina yang memiliki hobi Traveling, Pilates, Sport dan Yoga.

Tidak hanya itu, pemilik selempang Puteri Indonesia Intelegensia 1 2022 juga memiliki segudang prestasi diantaranya Puteri Indonesia Kalimantan Timur 2022, Winner Personal Branding and Advocacy Challenge Puteri Indonesia 2022, Top 6 Catwalk Performance Puteri Indonesia 2022, 1st Winner Absolute World Champion Folklore Grand Prix “Golden Orpheus” at VII World Championship of Folklore by European Association of Folklore Festivals in Nessebar Bulgaria, dan Delegate for Gyöngy International Folklore Festival in Gyöngyös Hungary.

“Ditambah dengan Speaker for Sea Today TV News South East Asia – Talk show about Coping Mechanism for Stress and Overthinking, Speaker for Ministry of Communications and Informatics Republic of Indonesia Digital Literacy Program, Speaker for Indonesia Youth Festival Welcoming Indonesia Golden Era 2045, Featured on Kompas Parapuan Article “Gina Sinaga’s Figure: Talented and Inspirational Woman with 7 Professions”, dan Speaker for 120 Webinar event in 1.5 year,” papar Gina yang juga bekerja sebagai People Analyst di Multinational Company.

Ia mengajak generasi muda untuk terus mendorong energi, dan menantang diri guna mencapai goals hidup. Yakin bahwa di akhir hari, kita akan kagum dan bangga melihat pencapaian hasil dari apa kita perjuangkan.

“Jangan hanya terpaku akan hasil yang harus sempurna dan penuh kemenangan, karena proses panjang dan kegagalan itulah bagian dari keberhasilan yang sejati. Tidak perlu mengejar hal materialistis demi sebuah tahta, kekuasaan, dan validasi eksternal. Namun yang terpenting adalah pribadi asli dan kesehatan kita secara utuh dari fisik, mental, dan spiritual. Hal itulah yang akan ada untuk kita semua,” tutupnya dengan nada optimis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here