Makdikipe, Toilet SDN Kabupaten Bekasi Rp 198 Juta Begini Penampakannya

SintesaNews.com – Dilansir dari telusur.co.id, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi membangun sarana penunjang pendidikan berupa toilet atau water closet (WC) di lingkungan SD Negeri Magunjaya 04, Jalan Kedondong, Kecamatan Tambun Selatan senilai Rp196,8 juta.

Berdasarkan situs lpse.bekasikab.go.id, sumber dana untuk pembangunan WC berasal dari APBD Kabupaten Bekasi 2020. Dalam situs itu juga disebutkan, pagu anggaran yang disediakan mencapai Rp198,5 juta hanya untuk sarana penunjang toilet sekolah.

Salah satunya, pembangunan WC di SD Negeri Mangunjaya 04 Tambun Selatan. Proyek pembangunan WC ini terpisah dengan bangunan utama sekolah, ukurannya tidak terlalu besar, diperkirakan hanyas seluas 5√ó5 meter.

Di dekat proyek pembangunan itu, terdapat spanduk berisi informasi kegiatan pembangunan yang dilakukan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi.

Proyek pembangunan WC ini diproyeksi rampung dalam waktu 57 hari, dimulai sejak 26 Oktober 2020 dan ditargetkan selesai 21 Desember 2020. Untuk pelaksana proyek, disebutkan perusahaan atas nama CV Cikal Kelapa Mandiri.

Poskota juga menelusuri ke SDN 01 Setiamulya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Rabu (9/12/2020). Nampak nangunan WC berukuran sekitar 2×3 meter terlihat belum rampung.

Hanya bagian bawahnya saja yang sudah dikeramik , sementara  atap belum tertutup, masih terpasang rangka besi, begitu pun dengan dindingnya yang terlihat masih disemen.

Sementara di samping toilet terpasang spanduk dari berisi data terkait proyek pembangunan WC tersebut.

Dari spanduk Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemerintah Kabupaten Bekasi itu diketahui, proyek menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bekasi tahun anggaran 2020 senilai Rp197.800 juta.

Dalam situs yang sama, Pemkab Bekasi juga melakukan kegiatan serupa (pembangunan WC) di SMP Negeri 4 Cikarang Barat.

Nilai anggaran yang dihabiskan untuk membangun sarana penunjang pendidikan di lingkungan sekolah ini tidak jauh berbeda yakni, Rp196,9 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here