Mengapa Tamu Perempuan di Resepsi Pernikahan Korea Tampil Simple?

Penulis: Langit Quinn

SintesaNews.com РMungkin banyak di antara pecinta K-Pop yang bertanya-tanya ketika melihat seleb Korea melakukan pesta pernikahan, kok tamu-tamu undangan  perempuan berdandan sederhana, tidak heboh, mereka tidak mengenakan gaun layaknya pernikahan di negara kita atau di negara Asia lainnya? Make up yang dikenakan juga tipis-tipis saja?

Atau saat menonton drama Korea, ketika ada adegan resepsi pernikahan, tamu-tamu undangan dalam drama tersebut kenapa mengenakan kostum yang tidak heboh? Mengapa tidak terlihat akan menghadiri acara kondangan atau pesta?

Ternyata memang demikian aturan tak tertulisnya.

Intinya, tamu wanita pada undangan pernikahan di Korea tidak boleh terlihat terlalu mencolok.

Yang penting sopan dan malah terkesan formal, karena kebanyakan tamu wanita juga lebih memilih kostum berwarna hitam, stelan blazer dan celana panjang. Kalaupun mereka mengenakan kostum berwarna, mereka akan memilih warna gelap dan elegan.

Contohnya penampilan Choi Ji Woo berikut ini. Doi terlihat formal namun elegan saat menghadiri pernikahan Song Hye Kyo – Song Jong Ki kala itu.

 

Atau penampilan Park Sol Mi berikut ini, ia memadukan blus aksen ruffle dan celana serba hitam untuk menghadiri pesta pernikahan.

Ini juga penampilan girl band Red Velvet yang menghadiri sebuah pernikahan dan menyumbangkan sebuah lagu untuk mempelai, tidak biasanya bukan?

Kalaupun hadir dengan warna lain, seperti inilah tampilannya, aktris senior Kim Hee Sun mengenakan coat ungu ketika menghadiri pernikahan. Elegan tapi tak mencolok.

Mereka akan menghadiri pesta pernikahan dengan kostum seperti itu, akan tetapi, jika menghadiri acara pesta selain resepsi pernikahan, mereka akan dandan heboh dengan gaun-gaun yang aduhai. Dan dandanan yang full dan maksimal.

Saat melihat para tamu undangan perempuan di pernikahan Korea yang mengenakan blazer dan bawahan hitam, mungkin di benak kita bertanya-tanya, mau ke kondangan atau mau ke kantor? Singkirkan dulu ya pemikiran seperti itu, Sintesas!

Karena ternyata memang ada sebuah basic manner buat para tamu perempuan di acara pernikahan Korea (dan beberapa negara Barat lainnya). Intinya setiap tamu yang hadir, diharapkan penampilannya tidak lebih stunning dari mempelai wanita. Karena di acara pernikahan tersebut, pengantin wanita diharapkan sebagai yang paling cantik di pestanya. Itulah alasannya.

Tak cuma itu saja, di Korea warna putih seakan jadi warna wajib untuk gaun yang dipakai pengantin. Oleh karena itu ada kesepakatan tak tertulis yang mengharuskan para tamu wanita untuk tidak memakai baju berwarna putih. Kalaupun memakai, misalnya kemeja putih, paling tidak harus dilapisi lagi dengan blazer atau mantel, sehingga warnanya tidak mengalahkan gemerlap gaun sang pengantin.

Makanya jangan heran kalau ada seleb menikah, lalu ada tamu undangan lain yang dengan ‘lancangnya’ mengenakan baju putih, maka tak akan habis-habisnya mereka menjadi sasaran bully netizen Korea. Seperti yang pernah terjadi sama Irene Red Velvet dan Sunhwa. Mereka dianggapnya tidak tau aturan sopan santun, melanggar etika, dan dianggap tak menghargai pengantin yang mengundang.

Nah, buat kamu yang punya teman Korea, dan diundang ke pernikahan mereka, jaga-jaga saja yah, tak perlu heboh-heboh kalau mau kondangan ke pernikahan mereka, cukup pakai celana dan blazer yang biasa kamu pakai ke kantor saja, dan ingat, haram hukumnya mengenakan kostum berwarna putih dan gonjreng!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here