Nurkhotimah, Finalis Puteri Indonesia DKI Jakarta 2022 Gagas Kota Ramah Limbah, Apa Itu?

Penulis: Wandi Ruswannur

Perubahan iklim (Climate Change) membawa berbagai dampak terhadap kehidupan manusia dan alam. Misalnya mempercepat terjadinya bencana alam, termasuk terjadinya gagal panen dan juga perubahan iklim meningkatkan bencana Hidrometeorologi seperti banjir, kekeringan, tanah longsor, banjir bandang, angin puting beliung dan gelombang pasang.

Adalah Nurkhotimah yang akrab disapa Imay, Finalis Puteri Indonesia DKI Jakarta 2022 yang bergabung dalam organisasi penggagas Kota Ramah Limbah.

“Kota Ramah Limbah merupakan gerakan untuk mengantisipasi climate change, karena setiap negara saat ini sedang berfokus dengan climate issues,” ucapnya kepada SintesaNews.com, Kamis (27/01/2022).

Imay menyatakan, banyak faktor yang mempengaruhi dan mengakibatkan climate change, salah satunya adalah limbah rumah tangga yang dihasilkan dari setiap individu setiap hari.

“Salah satu yang ingin dan akan diedukasi adalah dengan cara pengolahan minyak jelantah menjadi sabun dan lilin sehingga menjadi salah satu upaya mengurangi dampaknya bagi alam,” ujar pemilik akun instagram @imaypanay

Gadis kelahiran Cirebon ini menyebut minyak jelantah merupakan limbah yang dapat merusak lingkungan bahkan ekosistem laut dan bila tidak ditangani dengan baik, maka akan mengakibatkan dampak jangka panjang seperti climate change.

“Kegiatan pengolahan limbah oleh ibu rumah tangga juga menjadi salah satu wadah pemberdayaan ekonomi agar dapat mendapatkan nilai tambah hingga menjadi pebisnis yang kreatif dan inovatif,” ucapnya.

Mahasiswi Pelita Harapan ini berharap dengan advokasinya dapat memberikan dampak perubahan melalui take an action dengan mensosialisasikan ke setiap keluarga agar dapat bijak mengolah limbah rumah tangganya masing-masing dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulilah dengan aktifitas saya ini, orangtua, keluarga, teman-teman dan Pageant Enthusiasm memberi dukungan penuh untuk maju mewakili DKI Jakarta di Puteri Indonesia 2022,” imbuhnya.

Pramugari Garuda Indonesia di tahun 2018 ini juga sangat berharap dukungan dari masyarakat Indonesia khususnya DKI Jakarta untuk bisa men-support dirinya dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia 2022.

“Selaku generasi muda saya mengingatkan teman-teman, bahwa kita adalah millenial yang harus mampu memberikan dampak positif untuk indonesia dengan cara aktif, kreatif, inovatif dan adaptif. Generasi muda yang berfikiran terbuka menjadi value lebih untuk kita bersama-sama membuat masa depan Indonesia menjadi lebih maju dan berdampak untuk dunia,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here