PT INKA Siapkan Gerbong Kereta Tak Terpakai untuk Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Walikota Madiun Maidi meninjau persiapan PT INKA yang meminjamkan rangkaian gerbong kereta yang tak terpakai sebagai ruang isolasi apabila pasion covid-19 di Madiun melonjak. (20/1).

SintesaNews.com – Pemkot Madiun dan PT INKA akan memanfaatkan gerbong KA yang tidak terpakai untuk ruang isolasi pasien Covid-19.

Langkah darurat sebagai antisipasi apabila jumlah pasien covid-19 melonjak.

Jika ruang isolasi Asrama Haji dan RSUD Kota Madiun tak mampu menampung ledakan kasus Covid-19, pasien virus corona pun diisolasi di gerbong kereta api (KA) milik PT INKA.

Rabu (20/1/2021), Wali Kota Madiun, Maidi, meninjau gerbong isolasi yang dipersiapkan PT INKA.

“Hari ini Jawa Timur bagian Barat, yaitu Madiun dan sekitarnya diberlakukan PPKM. Salah satu kriterianya karena ruang isolasi penuh. Saya berterima kasih kepada PT INKA yang menyiapkan gerbong-gerbong untuk ruang isolasi.

“Insya Allah akan kita pinjam untuk Kota Madiun dan sekitarnya,’’ kata Maidi usai meninjau Emergency Medical Train (EMT) di PT INKA.

Maidi menjelaskan, ada tiga trainset dengan total 24 gerbong yang rencananya akan digunakan sebagai ruang isolasi.

Rinciannya, 18 gerbong difungsikan untuk merawat pasien, dan enam gerbong untuk tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga medis.

Kereta medis darurat tersebut dapat menampung 252 pasien dan 72 nakes.

Selain itu gerbong dilengkapi fasilitas kesehatan, di antaranya lemari penyimpanan obat, lemari pendingin, alat bantu pernafasan dan tabung oksigen, serta peralatan kesehatan pendukung.

“Alatnya lengkap semua dan memang didesain untuk itu (kebutuhan medis). Ini terus kami koordinasikan termasuk untuk tenaga medis. Semoga dalam pekan-pekan ini bisa digunakan,’’ jelasnya.

Meski demikian, Maidi berharap kereta medis darurat tersebut tidak sampai digunakan.

Artinya, sudah tidak ada lagi penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Madiun.

Karena pemkot sudah terfokus pada penyediaan fasilitas perawatan dan nakes, maka upaya penanggulangan dan pencegahan penularan Covid-19, harus dibantu partisipasi dan kesadaran masyarakat sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here