Sang Legenda Itu Bernama Joko Widodo

Penulis: Nurul Azizah

Selasa, 21 Juni 2022 merupakan hari yang membahagiakan bagi Bapak Joko Widodo Presiden RI ke-7, karena pada hari ini beliau genap berusia 61 tahun.

Pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 berasal dari keluarga yang sangat sederhana dan bukan keturunan orang berada atau ningrat.

Sejak kecil Jokowi bekerja keras membantu perekonomian keluarga. Pekerjaan apa saja ia lakoni termasuk ikut jualan bambu dan kayu. Pernah nyambi jadi sopir dan tempat tinggalnya pun di bantaran kali Anyar, kemudian digusur dan harus mencari rumah kontrakan.

Tekad inilah yang menjadikan Pak Jokowi berpihak kepada rakyat kecil, agar rakyat tidak merasakan apa yang pernah dirasakan oleh pak Jokowi.

Hidup di bantaran sungai, di tepi sungai sangatlah mempreihatinkan, hidup serba sulit. Kalau Pak Jokowi teringat kehidupan kala itu pasti menitikkan air mata.

Pria yang lahir di RS Minulyo ini memiliki ayah bernama Noto Miharjo dan ibu yang bernama Sujiatmi.

Jokowi merupakan anak pertama atau sulung dan memiliki tiga adik perempuan, yaitu Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Bapaknya sebagai penjual kayu dan bambu di sekitar bantaran kali Anyar Solo.

Untuk membantu meringankan beban keluarganya, Jokowi membantu ayahnya sebagai tukang kayu sehabis pulang sekolah. Terkadang beliau membantu ayahnya menagih uang pembayaran dari pelanggannya. Atau menaikkan kayu yang sudah dibeli oleh pelanggannya ke atas becak atau gerobak.

Ibu Sutarti, Kepala Sekolah Kelompok Bermain Kristen Sinar Kasih Nusukan adalah saksi hidup Jokowi. Bu Tarti masih terngiang rengekan seorang anak lelaki dengan postur tubuh kurus yang sering menangis minta diantar ke rumah pamannya seusai pulang sekolah.

Rumah keluarga Jokowi ternyata dekat dengan rumahnya Bu Sutarti, dan dari Bu Tartilah Jokowi kecil mendapatkan banyak bantuan.

Sutarti mengenal Jokowi saat pasangan keluarga Noto Mihardjo dan Sujiatmi pindah rumah di pinggiran bantaran Kali Anyar Solo. Jokowi kecil sangat pendiam dibandingkan dengan teman-teman seusianya. Jokowi kecil memiliki perhatian kepada orang atau temannya. Temannya acapkali mendapatkan kiriman makanan manakala keluarga Jokowi memiliki hajatan.

Kini Ir. H Joko Widodo adalah Presiden Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Terpilih dalam Pemilu Presiden 2014 berdampingan dengan Muhammad Jusuf Kalla. Kembali terpilih bersama KH. Prof Ma’ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019.

Sebelum jadi Presdien, Jokowi pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakil gubernur. Sebelumnya, ia adalah wali kota Surakarta (Solo) sejak 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012 didampingi F.X Hadi Rudiatmo sebagai wakil walikota.

Jokowi menikah dengan Iriana pada tahun 1986, dari pernikahan itu Jokowi dikaruniai 3 orang anak. Mereka adalah Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Saat ini Jokowi memiliki empat orang cucu. Pernikahan antara Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda lahir Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Dari pernikahan antara Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution telah lahir Sedah Mirah Nasution dan Al Nahyan Nasution.

Kita semua bangsa Indonesia terlebih dari simpul religius dan nasionalis, mari kita secara bersama menjaga Pak Jokowi dan keluarga. Karena Jokowi, Presiden Indonesia, yang memimpin NKRI. Wajib kita jaga dari berbagai hinaan, fitnah dan segala ancaman yang datang ke Jokowi. Agar Jokowi bisa bekerja dengan tenang tanpa ada yang menyerang dan memfitnahnya.

Kini usia pak Jokowi bertambah menjadi 61 tahun. Berbagai ucapan datang dari semua unsur religius dan nasionalis. Diantaranya:
“Selamat ulang tahun pak Jokowi, semoga sehat sejahtera semua keluarga. Berlimpah kemudahan hidup, kemudahan beribadah. Terus berguna bagi sesama, aamiin.”

“Selamat ulang tahun pak Jokowi, semoga sehat selalu dan diberkahi kekuatan untuk memimpin Indonesia.”

“Namamu abadi di hati rakyat sebagai pemimpin bersahaja yang akan menjadi model bagi siapapun yang memimpin NKRI ini.”

“Sugeng ambal warso pakdhe Jokowi, mugio tansah pinaringan bagas waras.”

“Tetap menjadi pemimpin yang amanah, jauh dari mara bahaya, aamiin.”

“Selamat ulang tahun pak Jokowi semoga panjang umur dan sehat selalu.”

Itulah beberapa ucapan ulang tahun yang ditujukan kepada Jokowi ke-61 dari teman-teman religius nasionalis.

Sedangkan dari penulis, “Selamat ulang tahun pak Jokowi ke-61 21 Juni 2022. Semoga panjang umur dan sehat selalu. Tetap amanah memperjuangkan bangsa Indonesia.”

Semua doa yang ditujukan kepada Pak Jokowi, tidak bisa penulis paparkan satu per satu dari teman-teman religius dan nasionalis. Penulis hanya bisa aamiinkan saja.

Pak Jokowi sang legenda yang namanya akan terus dikenang sampai beratus-ratus tahun bahkan beribu tahun ke depan. Selevel dengan nama tokoh-tokoh besar legendaris lainnya yang namanya dikenang bukan hanya selama puluhan tahun atau ratusan tahun saja tapi sampai ribuan tahun lamanya.

Alhamdulillah, kita semua rakyat Indonesia mendapatkan kehormatan bisa merasakan kepemimpinan beliau, kita semua rakyat para pecinta NKRI akan selalu membela beliau.

Ket. video: Ibu Sutarti yang ikut mengasuh Jokowi kecil.

Nurul Azizah, penulis buku “Muslimat NU di Sarang Wahabi” minat hub penulis 0851-0388-3445 atau SintesaNews.com 0858-1022-0132.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here