Tes Wawasan Kebangsaan untuk KPK Bukan Tes Biasa, Libatkan Psikolog TNI dan Intelijen

Gedung Badan Kepegawaian Negara.

SintesaNews.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bukan sekadar tes biasa. Tapi juga melibatkan intelijen dan psikolog dari TNI AD yang biasa melakukan psikotes kepada para perwira TNI dalam proses kenaikan pangkat.

Dalam siaran persnya, BKN memaparkan bahwa TWK bagi pegawai KPK ini dilakukan terhadap mereka yang sudah menduduki jabatan senior (Deputi, Direktur/Kepala Biro, Kepala Bagian, Penyidik Utama, dll) sehingga diperlukan jenis tes yang berbeda, yang dapat mengukur tingkat keyakinan dan keterlibatan mereka dalam proses berbangsa dan bernegara.

Sehubungan dengan hal tersebut dan untuk menjaga independensi, maka dalam melaksanakan asesmen tes wawasan kebangsaan dalam rangka pengalihan pegawai KPK menjadi ASN dimaksud, digunakan metode Assessment Center yang juga dikenal sebagai multi-metode dan multi-asesor.

Multi-metode (penggunaan lebih dari satu alat ukur) dalam asesmen ini dilakukan dengan menggunakan beberapa alat ukur yaitu tes tertulis Indeks Moderasi Bernegara dan Integritas (IMB-68), penilaiaan rekam jejak (profiling) dan wawancara.

Multi-Asesor, dalam asesmen ini BKN juga melibatkan asesor dari Dinas Psikologi TNI AD, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), BAIS dan Pusat Intelijen TNI AD.

Selain itu, dalam setiap tahapan proses asesmen ini juga dilakukan observasi oleh Tim Observer yang anggotanya tidak hanya berasal dari BKN akan tetapi juga dari Instansi lain seperti BAIS, BNPT, Pusat Intelijen TNI AD, Dinas Psikologi TNI AD dan BIN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here