Covid-19 Menurun, Duta Pariwisata Indonesia Favorit 2021 Dorong Kunjungan Wisatawan

Penulis: Wandi Ruswannur

Maharani Devi Adzhani, Duta Pariwisata Indonesia Favorit 2021 mengajak segenap lapisan masyarakat untuk sadar wisata. Menurutnya, sektor Pariwisata merupakan multi-sektor atau dapat diartikan sebagai bidang yang tidak dapat berdiri sendiri. Pariwisata sangat berkaitan dengan sektor lain seperti sektor ekonomi dan lain-lain.

“Oleh karena itu, saya berharapan masyarakat Indonesia secara keseluruhan dapat lebih menguasai ilmu tentang sadar wisata. Bagaimana masyarakat dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk wisatawan yang berkunjung agar kedepannya pariwisata Indonesia dapat berkelanjutan atau yang dikenal dengan istilah sekarang sebagai sustainable tourism,” katanya kepada SintesaNews.com, Selasa (15/03/2022).

Menurut gadis yang menguasai 4 bahasa; Jepang, Mandarin, Inggris dan Indonesia ini menyampaikan, jika sudah lebih sadar mengenai wisata, maka masyarakat dapat memanfaatkan sektor pariwisata secara maksimal untuk pertumbuhan ekonomi, contohnya dengan menekuni UMKM yang ada.

“Dengan upaya tersebut otomatis pariwisata alam dan budaya Indonesia bisa lebih terekspos ke masyarakat luas, domestik maupun mancanegara,” ucap pemilik akun instagram @maharanidev

Dalam mewujudkan dan membantu sektor pariwisata, Maharani mempunyai komunitas bernama ‘Ansaka Pariwisata’, dimana komunitas ini bertujuan untuk membantu membangun sumber kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata.

“Salah satu program kerja yang sudah berjalan yaitu membantu dalam pembuatan video program inklusi transformasi perpustakaan di Desa Bangunkarya, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Gadis yang bekerja sebagai Freelance Model, Beauty Talent dan Content Creator ini menyampaikan bahwa perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensi dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha, melindungi serta memperjuangkan budaya dan hak asasi manusia.

“Kegiatan saya di weekend sendiri saat ini sedang fokus mengembangan dengan melakukan survey ke desa-desa wisata yang berpotensi untuk dibantu dari segi pemberdayaan masyarakat. Di sela-sela waktu yang ada saya juga menjadi Freelance narasumber, tergantung tawaran kerjasama, dengan topik pariwisata, untuk kampus maupun organisasi,” jelasnya.

Berkat upaya yang telah dilakukan sejak dulu, Maharani banyak menorehkan prestasi mentereng diantaranya Juara 1 Duta Pelajar Sumatera Selatan 2016, Juara 1 Kompetisi Fashion Show di Asean Community Day Festival 2016, Juara 1 Membaca Hiragana di Kampus Methodist Palembang 2016, Juara 3 Siswa Berprestasi di SMA Plus Negeri 17 Palembang 2016, Juara 1 Senam Maumere di Kemenparekraf 2018, Pertukaran Pelajar ke Hainan Tropical University, Cina 2019, Juara 2 Studi Kasus Digital Marketing 2021, Duta Pariwisata Jawa Barat 2021, Top 10 dan Duta Pariwisata Indonesia Favorit 2021.

“Mohon doa dari semuanya agar cita-cita saya untuk bisa mengembangkan pariwisata dapat terwujud demi kemajuan bangsa Indonesia,” pungkasnya dengan penuh percaya diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here