Kenapa Andika – Ganjar?

Penulis: Ganda Situmorang

Kesampingkan dulu disrupsi global yang sedang terjadi yaitu perubahan iklim, teknologi 5.0 dan perubahan lanskap geopolitik dari unipolar menuju multipolar paska pandemic COVID-19.

Ada dua tantangan besar bangsa ini yang harus mendapat perhatian khusus super prioritas jika ingin memuluskan estafet pembangunan ekonomi yang sudah dimulai oleh Presiden Jokowi selama dua periode pemerintahan beliau, yaitu optimalisasi pemberantasan korupsi dan internalisasi ideologi Pancasila.

Optimalisasi Pemberantasan Korupsi

Hal ini menjadi penting karena muaranya adalah perbaikan tata kelola birokrasi. Data menunjukkan bahwa kinerja KPK dalam lima tahun terakhir masih minim. Salah satu indikator yang menunjukkan kinerja minim KPK adalah Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang cenderung stagnan.

Transparansi Internasional dalam rilisnya menunjukkan bahwa IPK Indonesia pada tahun 2021 sebesar 38.

Indonesia kini berada di urutan 96 dari 180 negara. IPK Indonesia sempat menyentuh nilai tertingginya sebesar 40 pada 2019. Saat itu penulis masih bertugas sebagai Tenaga Ahli di Stranas Pencegahan Korupsi KPK. Namun nilai tersebut turun 3 poin menjadi 37 pada 2020.

Penulis mencatat bahwa dalam pelbagai program Pencegahan Korupsi, Provinsi Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo, capaiannya kerap mencapai nilai tertinggi dan raihan apresiasi dari KPK.

Internalisasi Ideologi Pancasila

Institusi TNI di bawah kepemimpinan Jenderal Andika Perkasa mendapat angka tertinggi kepercayaan publik. Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi institusi yang paling dipercaya masyarakat menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis Minggu, 9 Januari 2022.

Tercatat, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI sebesar 92,2%, lebih tinggi dibandingkan institusi lainnya termasuk lembaga Presiden.

Ini tentu menjadi modal sosial TNI sebagai aparatus negara untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai lokomotif dalam upaya menginternalisasikan nilai-nilai ideologi Pancasila ditengah gempuran paham ideologi asing yang semakin nyata mengancam keutuhan NKRI.

ANDIKA-GANJAR atau GANJAR-ANDIKA

Dari uraian singkat di atas, maka penulis sampai pada kesimpulan objektif bahwa Andika – Ganjar merupakan pasangan ideal calon Presiden – Wakil Presiden tahun 2024.

Dari dua indikator di atas, penulis ingin menyimpulkan bahwa kombinasi pasangan Ganjar – Andika atau Andika Ganjar sangat ideal dan layak sebagai penerus Presiden Jokowi untuk tahun 2024.

23 Juni 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here