7 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Tidak Ada yang Membuat Anda Bahagia

Penulis: Suko Waspodo

Pencarian kebahagiaan telah dilakukan sejak manusia pertama kali menyadari perasaan mereka.

Kita melakukan semua yang kita bisa untuk menjaga tangan kita tetap membungkusnya dengan erat ketika kita akhirnya menemukannya. Namun terkadang kebahagiaan menghilang dari kita dalam hiruk pikuk kesibukan kita.

Ada begitu banyak stres yang harus kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin itu anggota keluarga yang sakit atau penyakit kita sendiri, bos dengan harapan yang tidak masuk akal, tagihan menumpuk, dan lain-lain. Atau mungkin itu hanya keadaan dunia – ini bisa menjadi tempat yang menyedihkan jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membaca berita tentang semua hal buruk yang terjadi di dunia.

Media sosial tidak jauh lebih baik. Itu penuh dengan racun dan orang-orang bersikap jelek satu sama lain. Semua hal ini dan lebih banyak lagi dapat mengikis kebahagiaan Anda sampai Anda pergi mencarinya lagi.

Apa yang dapat Anda lakukan jika ternyata tidak ada yang membuat Anda bahagia?

1. Perhatikan situasi Anda untuk mengidentifikasi apa yang mengikis kebahagiaan Anda

Orang memiliki begitu banyak hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-harinya sehingga sulit baginya untuk mengikuti semuanya.

Jadi, langkah pertama adalah mencatat hidup Anda dan situasi saat ini. Hal-hal netral dan negatif apa yang sedang Anda hadapi? Hal-hal netral penting karena memerlukan investasi energi emosional untuk dijaga, dan kemungkinan besar tidak akan memberikan dorongan positif apa pun untuk hidup Anda.

Pertimbangkan berbagai tekanan yang Anda hadapi saat ini. Apakah ini berhasil? Apakah itu teman? Apakah hidup secara umum? Apakah itu tagihan Anda? Apakah ini kekurangan waktu? Buat daftar hal-hal yang menurut Anda membuat Anda tidak bahagia.

2. Pertimbangkan masalah mana yang dapat diselesaikan dan bagaimana caranya

Daftar hal-hal negatif dan netral yang terjadi dalam hidup Anda adalah sebuah rencana tindakan. Ini adalah masalah yang Anda butuhkan untuk menginvestasikan energi untuk menyelesaikannya sehingga Anda dapat membebaskan energi emosional yang Anda habiskan untuk itu.

Apakah Anda memiliki teman dan keluarga yang kasar atau membuat Anda merasa tidak enak? Mungkin ini saatnya untuk mengevaluasi kembali seberapa banyak waktu yang Anda berikan kepada mereka. Anda tentu tidak ingin menghabiskan waktu berharga Anda dengan vampir emosional atau pelaku kekerasan yang akan merampas kebahagiaan Anda.

Apakah pekerjaan Anda selalu menjadi sumber stres? Adakah cara untuk mengurangi stres itu? Ubah departemen dalam pekerjaan Anda saat ini? Minta untuk bekerja di bawah manajer yang berbeda? Mulai mencari dan melamar pekerjaan lain yang mungkin tidak terlalu membuat stres?

Apakah masalah kekurangan uang? Dapatkah Anda menyusun anggaran untuk melihat ke mana uang Anda dibelanjakan dan apakah Anda dapat mengontrolnya atau tidak? Apakah ada hal-hal remeh yang dapat Anda hentikan untuk memberi Anda lebih banyak uang untuk dikeluarkan dari hutang? Adakah cara agar Anda dapat menghasilkan beberapa dolar tambahan tanpa menghabiskan banyak uang?

Selesaikan masalah apa pun yang Anda bisa. Bersikaplah kejam tentang hal itu jika Anda perlu.

3. Luangkan waktu untuk bermain, berolahraga, dan istirahat

Apakah Anda menjalani gaya hidup yang sibuk? Punya seribu hal yang harus dilakukan dengan pekerjaan, hubungan Anda, pertengkaran anak-anak? Apakah Anda memiliki tenggat waktu yang dekat? Perlu membeli bahan makanan dari toko? Perlu menangani wastafel yang penuh dengan piring? Perlu meretas jalan Anda melalui tumpukan cucian itu? Akan selalu ada hal lain yang harus dilakukan. Selalu.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk secara teratur beristirahat dan bermain dalam hidup Anda. Blokir waktu dalam jadwal sibuk Anda jika Anda tidak dapat menyesuaikannya dengan mudah. Jika tidak, tanggung jawab yang harus Anda tangani akan menggerogoti itu.

Olahraga sangat penting untuk menjaga ruang mental yang bahagia. Anda tidak hanya menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan tubuh, tetapi Anda juga membuat otak Anda memproduksi bahan kimia yang Anda butuhkan untuk menjadi orang yang lebih bahagia.

Olahraga selalu memberikan dampak positif bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Tubuh manusia tidak dibangun untuk menetap, meskipun gaya hidup kita saat ini mempromosikannya.

Anda perlu istirahat dan bermain untuk memberi otak Anda istirahat dari segala hal lain yang harus Anda lakukan. Ciptakan waktu dan ruang untuk itu dan perlakukan dengan bobot yang sama seperti tanggung jawab Anda yang lain. Itu penting! Itu perawatan diri yang penting.

4. Makan lebih sehat, minum lebih banyak air

Apakah Anda meminum air? Mungkin belum cukup, dengan cara makanan olahan dan minuman manis bisa membuat kita dehidrasi.

Makan sehat dan air adalah dua bagian penting untuk menjaga kesehatan mental yang baik. Pola makan yang tidak sehat justru dapat memperburuk suasana hati dan membuat Anda merasakan emosi yang lebih negatif dengan menyeret pikiran Anda ke ruang negatif.

Makanan dan minuman bukan hanya hal yang menyenangkan, tetapi juga merupakan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh dan pikiran Anda untuk tetap sehat dan aktif. Pastikan Anda memasukkan hal-hal baik ke dalam tubuh Anda. Dan saat Anda melakukannya, kurangi hal-hal yang tidak terlalu baik.

Makanan sampah tepatnya – sampah. Sebagian besar direkayasa agar enak tetapi belum tentu bergizi. Kurangi asupan junk food, kafein, alkohol, dan zat lain yang mungkin membuat pikiran Anda sedih dan mencegah Anda mengalami kebahagiaan.

5. Bermeditasi untuk membantu memproses dan menjernihkan emosi Anda

Meditasi adalah alat yang luar biasa untuk menemukan kedamaian pikiran dan kejernihan, yang memberi ruang untuk lebih banyak kebahagiaan dan kegembiraan dalam hidup Anda.

Dan ini bukan hal metafisik atau rayuan. Meditasi adalah tindakan terarah dan disengaja yang Anda gunakan untuk memproses emosi, merasakannya, dan melepaskannya. Stres dan emosi negatif yang kita bawa bersama kita perlu dibuang dan dibebaskan dari pikiran Anda.

Tidak, meditasi tidak akan secara ajaib menyebabkan masalah Anda hilang atau membuat Anda setuju dengan hal-hal yang seharusnya tidak Anda sukai. Apa yang akan dilakukannya adalah membantu menjernihkan beberapa beban emosional dan negativitas yang mungkin menguasai pikiran Anda.

Telusuri di internet atau toko aplikasi sebentar, dan Anda akan dapat menemukan meditasi terpandu dan meditasi untuk pemula dengan mudah.

6. Berhubungan kembali dengan orang, tempat, dan hobi yang membuat Anda bahagia

Memelihara kebahagiaan kembali ke tempat yang sehat membutuhkan waktu yang mendedikasikan untuk hal-hal yang membuat Anda bahagia dan gembira.

Itu bisa berupa hobi, tempat yang Anda sukai, atau orang-orang positif yang Anda sukai untuk menghabiskan waktu. Mungkin itu pasangan romantis atau orang tersayang yang harus Anda kejar lagi. Mungkin itu merawat taman bunga Anda sehingga Anda dapat menyaksikan semuanya tumbuh dan berkembang.

Luangkan waktu untuk berhubungan kembali dengan hal-hal yang membuat Anda bahagia dan puas. Jadikanlah kebiasaan rutin untuk mengikuti kegiatan ini agar Anda dapat terus mengembangkan hal-hal positif tersebut.

7. Pertimbangkan bantuan profesional jika Anda kesulitan

Depresi adalah masalah kesehatan serius yang mungkin membutuhkan bantuan profesional yang berpengetahuan untuk dihadapi dan diatasi.

Jika Anda mendapati bahwa Anda tidak dapat terhubung kembali dengan kebahagiaan Anda atau memasuki ruang mental yang lebih baik, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental untuk mencari solusi – Anda dapat melakukannya secara online dari kenyamanan rumah Anda. jika Anda merasa lebih mudah.

Tidak ada salahnya mendapatkan bantuan profesional jika itu yang Anda butuhkan untuk terhubung kembali dengan kebahagiaan Anda.

***
Solo, Senin, 10 Agustus 2020. 10:16 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here