Joni Muslim, Dulu Salesman Door To Door, Kini Bakal Calon Wakil Walikota Bontang

Joni Muslim (tengah) dan para pendukungnya.

SintesaNews.com – Belum banyak orang yang mengetahui sosok Joni Muslim yang kini bakal mendampingi dr. Hj. Neni Moerniaeni dalam Pilkada Bontang 2020, mengawali karirnya sejak masa duduk di bangku SMA. Saat itu ia menjadi salesman door to door di perumahan-perumahan perusahaan di Kota Bontang. Berbagai produk pernah ia dagangkan. Hingga ia bergabung juga dalam MLM (multi level marketing).

Penolakan demi penolakan sudah pasti sering ia rasakan. Bahkan tak jarang dari rumah yang sama ia ketok lagi, setelah sebelumnya ditolak, hingga tiga kali ia ketok pintunya sampai si empunya rumah bersedia di-“prospek” oleh anak pesisir yang menjadi yatim sejak kelas 2 SD.

Saking gigihnya Joni melakukan aktivitas MLMnya, kepala sekolah dan guru-gurunya pun ia prospek. Begitulah Joni juga membawa produk dagangannya ke sekolah. Meski teman-temannya kerap mengejeknya, karena di masa SMA tentu merupakan masa remaja yang mestinya dilakoni bersama teman-teman dan bersenang-senang.

Tapi Joni memang tumbuh dari lingkungan pesisir dan anak nelayan/pedagang yang terbiasa bekerja keras, berdagang sejak kecil. Menjadi rantai kecil dalam perdagangan ikan-ikan yang dibawa oleh para nelayan ke pelabuhan. Joni tumbuh di pasar dalam iklim perdagangan rakyat kecil. Berdagang bukan lagi jadi hal aneh dan memalukan untuknya.

Meski Joni tumbuh tanpa sosok ayah yang hilang saat melaut, Joni berhasil mendapatkan kesempatan dari pemerintah Kota Bontang ketika ia lulus SMA, di pertengahan era 90-an untuk mengikuti training di Jepang selama 2 tahun, sebagai program pembinaan pemuda.

Sepulangnya dari Jepang, Joni memutuskan untuk tidak melamar menjadi pekerja di perusahaan mana pun. Ia lebih memilih untuk memulai bisnisnya sendiri. Tidak hanya 1 jenis usaha yang ia lakoni. Berbagai jenis produk perdagangan ia lakukan dan jatuh bangun. Dengan memiliki pengetahuah dan pengalamannya berdagang antar kota dan antar pulau, akhirnya perlahan Joni mampu bermitra dengan pengusaha di Jakarta. Bisnisnya pun mulai terbangun dengan baik. Salah satu bisnisnya di bidang transportasi.

Tahun 2015 Joni Muslim sebagai Ketua DPD Nasdem Kota Bontang, sempat berniat maju mendampingi Neni Moerniaeni dalam Pilkada saat itu. Namun akhirnya ia mengundurkan diri dan mengajukan nama Basri Rase untuk mendampingi Neni yang kini sebagai petahana Walikota Bontang.

Di tahun 2020 ini, Joni Muslim akhirnya mantap mendampingi Bunda Neni (sapaan akrab Walikota Bontang Neni Moerniaeni) sebagai bakal calon wakil walikota.

Sebagai sosok yang berasal dari bawah, dari pesisir, bukan dari kalangan elit, Joni Muslim yang sejak remaja sudah terbiasa melakukan door to door sebagai salesman, bukan hal aneh bagi Joni untuk turun blusukan ke warga masyarakat kecil dan memahami suara hati mereka. Karena Joni pernah ada di posisi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here