Dosen UBSI Gelar Pelatihan Packing Produk untuk UMKM di Koperasi Wanita Atsiri Citayam

SintesaNews.com BOGOR – Dosen-dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar “Pelatihan Cara Melakukan Packing Produk untuk Keberlangsungan Usaha Kecil dan Menengah” di Citayam, Bogor, 10/9.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat (PM), yang kali ini dilakukan untuk Koperasi Wanita (Kopwan) Atsiri Bogor.

Ketua tim PM, Ratih, mengungkapkan, ”Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan pelatihan, pengetahuan, dan keterampilan cara packing produk, khususnya pada saat ini sedang masa new normal, maka cara packing produk yang menarik menjadi hal yang penting dalam menunjang pemasaran dan penjualan produk UMKM Koperasi Wanita Atsiri.”

Pelatihan dilakukan secara hybrid (offline dan online), yaitu dengan bertatap muka langsung di lokasi Kopwan Atsiri Bogor, juga melalui zoom.

Tim panitia PM, berasal dari Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, meliputi ketua, Ratih Setyo Rini, tutor Helmy Ivan Taruna, dibantu dengan Aan Rahman, dan Puji Yuniarti serta beberapa mahasiswa.

Dalam pelatihan ini, presentasi dan pemaparan materi dipandu oleh tutor PM, Helmy.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mengetahui cara packing produk yang praktis, mudah, dan menarik. Para peserta terlihat antusias selama sesi pelatihan dan pada sesi diskusi tanya jawab berlangsung dengan lancar. Selanjutnya tutor menambahkan, Banyak manfaat yang didapatkan dari pelatihan cara packing produk ini, mulai dari menentukan kemasan yang tepat sesuai produk, membuat desain kemasan, dan cara penyimpanan produk yang efisien,” ungkap Helmy.

Peserta Kegiatan yang mengikuti lomba mengemas Nasi Kuning.

Ketua Koperasi Wanita Atsiri menyatakan, Selesai pelatihan ini diharapkan para anggota Kopwan Atsiri lebih kompeten dalam mengemas produk UMKM yang menarik. Ia berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus diselenggarakan dengan rutin.

“Semoga Universitas Bina Sarana Informatika selalu menjadi kampus yang terdepan dalam memberikan pelayanan pendidikan dan pelatihan kepada UMKM untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para anggota UMKM,” tambahnya.

Pada sesi akhir acara, ketua pelaksana mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi para peserta, memberikan bingkisan souvenir kepada ketua dan anggota Koperasi Wanita Atsiri, menutup acara dengan doa, serta dokumentasi bersama para peserta dan panitia kegiatan pengabdian masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here