KPU Cianjur Sosialisasi di Daerah Partisipasi Masyarakat Rendah

SintesaNews.com CIANJUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Pendidikan Pemilih didampingi Kepala Sub-bagian Teknis dan Hubmas beserta staf melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih kepada Daerah Partisipasi Rendah pada Pilkada Serentak Tahun 2020 bertempat di Aula Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur, Kamis (23/09/2021) dan di Desa Cigunungherang, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur, Jumat (24/09/2021).

Komisioner KPU Cianjur, Rustiman, menuturkan bahwa sosialisasi ini dalam rangka menindaklanjuti surat dinas KPU RI Nomor: 515/PP.06-SD/06/KPU/VI/2021 perihal Kegiatan Fasilitasi Pendidikan Pemilih Tahun 2021.

“Alhamdulillah kegiatan tersebut dihadiri dan diikuti dengan antusias oleh masyarakat dari awal hingga akhir acara,” tuturnya.

Rustiman menyampaikan maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah bertujuan untuk mengetahui latarbelakang rendahnya angka partisipasi masyarakat, selain itu untuk mendorong peran aktif serta membangun kesadaran politik masyarakat dalam hal pencapaian peningkatan partisipasi dalam pemilu dan pemilihan pada 2024 yang akan datang.

“Kolaborasi dalam melakukan Sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk semua golongan adalah kunci meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan, baik saat Pilkada, Pileg maupun Pilpres,” ucap Rustiman.

Kata Rustiman, sosialisasi di Desa Sukamaju diikuti oleh RT/RW se-Desa Sukamaju, dihadiri pula oleh Pjs. Kepala Desa Sukamaju, Deden Subhan, SE dan Camat Cianjur yang kehadirannya diwakili oleh Plt. Sekretaris Camat Kecamatan Cianjur, Sofyan Sauri, S. Sos.

“Adapun di Desa Cigunungherang dihadiri Plh Kepala Desa, Hermasyah didampingi Ketua BPD, Sekretaris Kecamatan Cikalongkulon, M. Rochman, S.Pd,. M.Si. didampingi pula oleh Kepala Seksi Perencanaan Kecamatan Cikalongkulon beserta staf serta Ketua PPS Desa Cigunungherang beserta Ketua PPK Cikalongkulon Pilkada Serentak Tahun 2020,” lanjutnya.

Di Desa Cigunungherang, Rustiman menyampaikan bahwa menurut data yang dimiliki oleh KPU Kabupaten Cianjur, Desa Cigunungherang menempati urutan pertama daerah partisipasi terendah di Kecamatan Cikalongkulon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur Tahun 2020.

Menanggapi hal tersebut, Plh Desa Cigunungherang, Hermansyah berkomitmen beserta seluruh jajaran di pemerintahan desa akan meningkatkan peran aktif pemerintahan desa dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan pemilu dan pemilihan di tingkat desa.

“Kita optimis bahwa partisipasi masyakarat dalam pemilu ke depan akan meningkat dan berharap serta menargetkankan Cigunungherang dapat menempati urutan pertama daerah dengan partisipasi tertinggi di Kabupaten Cianjur,” tegasnya.

Hal tersebut didukung oleh Sekretaris Kecamatan Cikalongkulon, M. Rochman, di sela arahannya, dirinya menyampaikan harapannya akan kesadaran seluruh elemen masyarakat terkait peranannya dalam mensukseskan setiap program termasuk dalam hal Pemilu dan Pemilihan.

“Semoga ke depan Cigunungherang menjadi desa yang tangguh dan menjadi desa yang sembuh”, pungkasnya.

 

Reportase: Wandi Ruswannur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here