10 Perbedaan Dasar antara Bercinta dan Berhubungan Seks

Ilustrasi foto: Be Wise Professor

Penulis: Suko Waspodo

Jika anda bertanya-tanya apa perbedaan antara bercinta dengan seseorang dan berhubungan seks, Anda sudah berada di artikel yang tepat.

Anda mungkin tidak tidur dengan banyak orang, atau Anda mungkin tidak pernah tidur dengan seseorang yang benar-benar Anda sayangi sebelumnya, sehingga mungkin terasa membingungkan. Ada beberapa pertanyaan kunci yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri ketika datang ke kehidupan seks Anda dan pasangan pilihan Anda. Ini akan membantu Anda mengetahui apakah Anda sedang ‘hanya berhubungan seks’ atau jika Anda berbagi sesuatu yang lebih intim dan benar-benar bercinta.

1. Apakah ada perasaan yang terlibat?

Banyak orang akan tidur dengan seseorang yang sebelumnya tidak memiliki perasaan romantis – apakah itu mabuk, berhubungan dengan ‘teman dengan manfaat,’ atau berhubungan seks dengan seseorang yang baru saja mereka lihat. Itu hanya seks – itu sesuatu yang fisik dan anda berdua di sana untuk bersenang-senang.

Bercinta, bagaimanapun, lebih berkaitan dengan berbagi perasaan anda satu sama lain melalui tindakan fisik. Ini tentang ikatan dan perasaan lebih dekat dengan pasangan anda, dan merupakan cara fisik untuk mengkomunikasikan perasaan itu dengan seseorang yang benar-benar anda pedulikan.

Anda mungkin telah berbicara dengannya tentang bagaimana itu akan membuat anda lebih dekat, atau mungkin sesuatu yang anda lakukan untuk menunjukkan bahwa anda benar-benar peduli.

2. Apakah ini teratur atau sekali saja?

Jika anda hanya tidur dengan orang ini satu kali saja, kemungkinan itu hanya hubungan seks. Mungkin itu adalah sesuatu yang anda berdua ingin lakukan pada saat itu; perbaikan cepat yang nyaman! Ini bisa berupa one-night stand atau mabuk dengan teman dekat, tetapi itu adalah sesuatu yang terjadi tanpa banyak pendahuluan atau pemikiran.

Jika anda secara teratur tidur dengan seseorang, ada kemungkinan besar anda benar-benar bercinta satu sama lain. Pada dasarnya, anda saling mengenal tubuh dan keinginan satu sama lain, dan ini tentang saling menikmati, belajar lebih banyak tentang apa yang lebih disukai orang lain di tempat tidur. Ini bukan tentang egois sekali saja untuk mendapatkan apa yang anda inginkan, dan lebih banyak tentang menyenangkan pasangan anda secara intim.

3. Apakah ini eksklusif?

Jika anda terhubung dengan berbagai orang, atau orang yang tidur dengan anda juga berhubungan dengan orang lain, anda mungkin hanya melakukan hubungan seksual satu sama lain. Jauh lebih mudah untuk tidur di sekitar ketika anda tidak memiliki perasaan untuk siapa pun. Tidak ada rasa bersalah atau loyalitas yang terlibat, sehingga anda bisa menikmati diri sendiri – tentu saja dengan aman!

Jika anda eksklusif, itu karena anda berdua merasa ada sesuatu yang istimewa di antara anda; sesuatu yang tidak ingin anda bagikan dengan orang lain. Jika anda benci membayangkan dia berbagi keintiman atau kesenangan semacam itu dengan orang lain, kemungkinan anda bercinta dan anda punya perasaan untuk dia. Dia mungkin merasakan hal yang sama persis tentang anda jika dia juga membuat pilihan aktif untuk berbagi pengalaman ini hanya dengan anda.

4. Apakah ini sepihak atau lebih lunak?

Jika berhubungan seks yang anda miliki adalah tentang anda berdua mendapatkan apa yang anda inginkan, sesering mungkin, sepertinya anda baru saja terhubung. ‘Just sex’ seringkali mengenai mendapatkan apa yang anda inginkan dan hanya menikmati sisi fisik dari segala hal. Anda mungkin tidak harus memastikan orang lain juga menikmatinya.

Jika anda berdua meluangkan waktu untuk belajar tentang satu sama lain dan menjadi lebih lembut satu sama lain, anda bercinta. Mungkin kurang terburu-buru, ada lebih banyak ciuman dan pembicaraan yang terlibat, dan itu jauh lebih manis daripada berhubungan seks ‘hanya’ dengan seseorang yang tidak anda rasakan. Dia mungkin lebih fokus untuk memastikan anda menikmati, bukan hanya mendapatkan kenikmatan sendiri.

5. Apakah anda membiarkan diri anda lengah?

Saat anda melakukan hubungan seks santai dengan seseorang, anda mungkin bukan diri sejati anda bersama dia. Anda mungkin melakukan hubungan seks yang hebat, tetapi anda cenderung membiarkan diri anda rentan di depannya. Ini bisa jadi karena anda tidak sepenuhnya mempercayainya atau karena anda tidak mau berbagi sisi diri anda dengan sembarang orang.

Jika anda merasa dapat menjelajahi aspek-aspek tertentu dari seksualitas anda yang belum pernah anda bagikan dengan siapa pun sebelumnya, dan anda dapat membiarkan diri anda menikmati momen itu, itu lebih cenderung untuk bercinta daripada hanya berhubungan seks. Anda memercayai pasangan anda dan anda merasa aman dan nyaman dalam hal berbagi tubuh dan pikiran anda dengannya.

Anda mungkin menemukan bahwa anda merasa lebih percaya diri tentang tubuh anda di depan dia, atau anda merasa lebih bahagia memberi tahu dia apa yang anda inginkan di tempat tidur. Apa pun yang terjadi, anda akan lebih menjadi diri sendiri bersama dia karena anda ingin dia mengenal anda yang sebenarnya.

6. Apakah anda merasa terpenuhi secara emosional?

Jika anda membuat dia merasa seperti anda telah membagikan sesuatu yang istimewa dan membiarkan seseorang melihat sisi tersembunyi kepada anda, anda mungkin baru saja bercinta dengan seseorang yang sangat anda sayangi. Tingkat keintiman fisik itu membuka pemenuhan yang jauh lebih emosional daripada yang dilakukan oleh orang biasa. Anda mungkin merasa lebih aman dalam hubungan anda, lebih percaya diri pada diri sendiri, dan lebih dicintai.

Jika anda baru saja menikmati dan merasa puas secara seksual, mungkin itu hubungan seks saja. Anda akan pergi dengan perasaan puas, tetapi tidak jatuh cinta. Anda tidak akan menghabiskan waktu melamun tentang betapa menyenangkannya dia.

7. Apakah anda mengatakan ‘Aku mencintaimu’?

Tidak mengherankan, bagian dari bercinta dengan seseorang adalah berbagi perasaan jatuh cinta. Jika anda mengatakan ‘Aku mencintaimu’ saat tidur dengan seseorang, itu karena anda benar-benar merasakannya saat itu.

Bisa juga dengan mengatakan 2 kata ajaib kecil itu menuntun anda bercinta dengan dia – itu tidak perlu dikatakan di saat panas, itu bisa menjadi kalimat yang menunjukkan anda berdua siap berbagi perasaan itu secara fisik satu sama lain.

Jika dialognya lebih sesuai dengan pembicaraan kotor, itu hanya hubungan seks.

8. Apakah itu membuat anda lebih dekat bersama?

Hubungan seks bebas biasanya tidak terlalu berarti bagi kedua orang yang terlibat, jadi ini lebih tentang rangsangan fisik daripada yang lainnya. Anda mungkin tidak merasa lebih dekat dengan dia karena anda tidak benar-benar berbagi apa pun, selain tubuh anda, satu sama lain.

Bercinta, bagaimanapun, adalah cara untuk merasa lebih dekat dengan pasangan anda (secara fisik, pasti, tetapi juga secara emosional) dan seringkali merupakan pertanda kuat dari hubungan yang hebat dan sehat. Ini bisa menjadi cara untuk menunjukkan anda berdua benar-benar peduli satu sama lain setelah bertengkar, misalnya, atau membuat satu sama lain merasa lebih baik setelah hari yang buruk. Apa pun itu, itu adalah cara untuk memperkuat ikatan anda dan hubungan anda.

9. Apakah anda terburu-buru atau anda meluangkan waktu?

Sekali lagi, hubungan seks sering kali tentang perasaan baik, secara fisik. Ini bisa sangat terburu-buru dan mendasar – apa pun yang diperlukan untuk mendapatkan anda berdua, pada dasarnya. Karena anda berdua di sana hanya untuk kencan, anda tidak perlu saling merayu atau menunjukkan bahwa anda benar-benar ingin menghabiskan waktu bersama. Anda bisa muncul, mendapatkan apa yang anda berdua inginkan, dan berada di jalan anda.

Jika anda menghabiskan waktu lebih lama di tempat tidur dengan seseorang dan benar-benar meluangkan waktu untuk menjelajahi tubuh dan pikiran masing-masing, kemungkinan besar anda bercinta. Dengan melambat, anda menunjukkan kepada pasangan bahwa anda ingin meluangkan waktu untuk mencari tahu apa yang sebenarnya dia sukai. Ini adalah cara untuk memberi tahu dia bahwa anda ada di sini untuk dia, bersama dia, dan bahwa anda ingin berbagi momen ini daripada terburu-buru hanya agar anda bisa mendapatkan apa yang anda inginkan.

10. Apakah itu terasa romantis?

Hubungan seks seringkali hanya tentang kenyamanan – anda berdua saling tertarik dan rasanya enak, jadi mengapa tidak? Tak satu pun dari anda mungkin akan berusaha untuk membuatnya terasa istimewa atau manis – itu hanya fisik, jadi mengapa repot-repot, kan?

Bercinta adalah soal romansa – mungkin ada lilin atau pakaian dalam seksi yang terlibat. Mungkin anda telah dimenangkan dan dihabiskan dalam persiapan untuk berbagi momen ini satu sama lain. Demikian pula, jika anda berdua mengatur suasana hati dan membangun gairah, itu lebih dari sekadar hubungan seks. Anda peduli tentang bagaimana perasaan orang lain dan ingin dia merasa nyaman dengan dirinya sendiri, untuk merasa tergoda dan peduli.

Demikianlah ulasan sederhana ini semoga bisa menambah pemahaman anda tentang perbedaan antara bercinta dan berhubungan seks.

***
Solo, Rabu, 5 Agustus 2020.
Suko Waspodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here