PAN Diajak Jokowi Ikut Rapat Koalisi Jokowi, Ini yang Dibahas

Suasana pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan para ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pendukung pemerintah di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/8/2021).(Dokumentasi/PDI-P)

SintesaNews.com – Sebagaimana diketahui, pertemuan Jokowi dengan pimpinan parpol dilakukan di Istana Negara mulai pukul 15.00 WIB.

Baca: Teng! Semua Parpol Koalisi Jokowi Kumpul Rapat dengan Jokowi Sore Ini

Ternyata, Ketua Umum dan Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) juga diundang menjadi peserta rapat tersebut. Sehingga ada tujuh ketua umum dan tujuh sekjen parpol yang menghadiri rapat bersama Joko Widodo.

“Yang mengundang adalah Bapak Presiden. Dan semua pimpinan partai koalisi menyambut baik kehadiran PAN melalui ketua umum (ketum) dan sekjen,” ujar Johnny saat memberikan keterangannya pada media.

Para peserta rapat yang hadir seluruhnya adalah:

  1. Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri didampingi Sekjen PDI-P Hasto Kristianto
  2. Ketua umum Nasdem Surya Paloh didampingi Sekjen Nasdem Johnny G Plate
  3. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi Sekjen Gerindra Ahmad Muzani
  4. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Golkar Lodewijck Paulus.
  5. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar didampingi Sekjen PKB Hasanuddin Wahid
  6. Ketua Umum PPP Bapak Suharso Monoarfa didampingi Sekjen PPP Arwani Thomafi.
  7. Ketua Umum PAN Bapak Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Bapak Eddy Soeparno

Sekjen Nasdem Johnny G. Plate menyebut bahwa PAN sebagai kawan baru partai koalisi.

“Dan yang ketujuh sahabat baru koalisi Ketua Umum PAN Bapak Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Bapak Eddy Soeparno,” ujar Johnny.

Publik bertanya-tanya mengenai apa yang dibahas dalam rapat tersebut. Johnny mengatakan bahwa tidak membicarakan perihal reshuffle atau perombakan kabinet pada pertemuan itu.

Menurutnya tak dibahas pula soal pelebaran koalisi.

“Topiknya bukan topik reshuffle kabinet. Topiknya bukan pembahasan pelebaran koalisi atau tambahan anggota atau sahabat baru dalam koalisi. Topiknya adalah lima topik yang disampaikan tadi,” akunya.

Lima topik yang dibahas dalam pertemuan pada Rabu sore adalah penanganan pandemi Covid-19, perekonomian nasional, strategi ekonomi dan bisnis negara, otonomi daerah dan ibu kota negara

Hasto: Parpol Koalisi Pemerintah Dukung Terus Jokowi Tangani Pandemi, Sudah di Jalur yang Benar

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pimpinan partai politik pendukung pemerintah akan terus mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo dalam penanganan pandemi Covid-19 dan mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

Dukungan itu diberikan setelah koalisi melihat kesungguhan pemerintah dalam menangani pandemi.

“Seluruh ketum parpol yang hadir, dengan membandingkan apa yang terjadi di Indonesia dengan negara-negara besar lain seperti Amerika Serikat, India, Jerman, Brasil dan lain-lain, serta melihat kesungguhan pemerintah di dalam menanggani pandemi, terus memberikan dukungan bagi kebijakan Presiden Jokowi,” kata Hasto dalam siaran pers, Rabu (25/8/2021).

Hasto menyebutkan, hal itu merupakan salah satu poin pembahasan dalam pertemuan antara Jokowi dengan para pimpinan partai politik pendukung pemerintah pada Rabu sore.

Hasto menuturkan, dalam pertemuan tersebut, semangat bergotong royong dan memberikan energi positif bagi pemerintah untuk menangani pandemi sangat terasa. Ia menyebut para ketua umum pun menilai apa yang telah dilakukan oleh Jokowi dalam mengatasi pandemi sudah berada pada jalur yang benar.

“Bagaimanapun, meski pandemi masih sulit diprediksi kapan berakhir, keseimbangan antara penerapan PPKM di beberapa wilayah dengan pertumbuhan perekonomian terus dilakukan, terutama memastikan bagaimana negara hadir dengan mendorong perekonomian rakyat,” ujarnya.

Baca juga:

Catatan Pinggiran: Koalisi Presiden Jokowi Hanguskan Tiket Demokrat dan PKS di Pilpres 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here