Erick Thohir Angkat Putra Papua Jadi Bos Freeport Indonesia

linkiniOleh: Langit Quinn

SintesaNews.com – Adalah Claus Wamafma yang sudah berkarier di Freeport dari bawah selama 20 tahun. Sebelum masuk ke jajaran direksi, Claus menjabat sebagai Senior Vice President CSR, Partnership Fund, and Community Development Freeport.

Dan Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuknya sebagai direktur baru PT Freeport Indonesia. Penetapan direksi baru itu dilaksanakan di gedung Kementerian BUMN pada 7 Februari 2020 yang lalu.

“Claus Wamafma ini putra asli Papua dan dia berkarier sudah 20 tahun di Freeport,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Pengangkatan Claus membuktikan bahwa putra asli Papua memiliki kemampuan menjadi petinggi di perusahaan multinasional.

“Ini baru pertama (orang asli Papua masuk ke jajaran direksi Freeport). Dia (Claus) berkarier dari bawah,” kata Arya.

Ia menambahkan masuknya putra Papua sebagai direktur di perusahaan itu menunjukkan bahwa sumber daya manusia (SDM) Papua juga mampu mengisi jabatan strategis di sebuah perusahaan.

“Pemerintah memang mendorong Freeport Indonesia untuk merekrut orang Papua. Namun penunjukan direksi dilakukan secara profesional, sesuai tugas yang diembannya,” katanya.

Selain pengangkatan Claus, terdapat pula beberapa perubahan jajaran komisaris di tubuh Freeport. Berikut susunan lengkap jajaran komisaris dan direksi Freeport yang baru:

Presiden Komisaris : Richard C. Adkerson
Wakil Presiden Komisaris : Orias Petrus Moedak
Komisaris : Adrianto Machribie
Komisaris : A.M. Fachir
Komisaris : Hinsa Siburian
Komisaris : Kathleen Lynne Quirk

Arya memaparkan jumlah pegawai PT Freeport Indonesia sebanyak 7.096 orang. Sebanyak 2.890 orang atau 40,7 persen merupakan orang Papua. Kemudian sebesar 57,2 persen merupakan nonPapua, dan sisanya ekspatriat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here