Inggris Khawatir Dampak Lanjutan dari Serangan ISIS ke Moskow

SintesaNews.com – Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt mengemukakan bahwa Inggris menjadi “benar-benar” khawatir terhadap ancaman ISIS menyusul serangan teror di Moskow beberapa waktu lalu.

Setidaknya 133 orang tewas dalam serangan ISIS di ibu kota Rusia pada hari Jumat.

ISIS Khorasan (IS-K), yang merupakan cabang kelompok militan yang beroperasi di Asia Tengah, telah mengaku bertanggung jawab.

-Iklan-

Ketika ditanya apakah negara-negara Eropa lainnya – termasuk Inggris – harus “prihatin” setelah kejadian hari Jumat, Hunt mengatakan kepada Sunday Morning With Trevor Phillips: “Absolutely.” (tentu saja, red.)

Dia menambahkan, “Kami sangat beruntung di negara ini karena kami memiliki badan-badan intelijen yang sangat mengesankan yang telah berhasil menghentikan, menggagalkan, banyak ancaman teroris selama beberapa tahun terakhir.

“Tetapi kita harus tetap waspada – dan, Anda tahu, jika itu adalah ISIS, mereka tidak pandang bulu dalam apa yang mereka lakukan, mereka siap melakukan pembunuhan dengan cara yang paling mengerikan.”

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan peningkatan tingkat ancaman di Inggris, Hunt mengatakan hal ini diputuskan oleh “sistem khusus” di pemerintahan, dan mengatakan dia tidak mengetahui rahasia diskusi mereka.

“Saya tahu bahwa mereka akan melihat peristiwa semacam ini. Dan kemudian mereka akan melihat informasi intelijen yang diambil oleh badan intelijen kita, MI5 dan MI6, GCHQ.”

“Dan, apa yang ingin saya katakan adalah bahwa meskipun kita harus tetap waspada, mereka sangat berhasil dalam menggagalkan sejumlah plot – banyak hal yang tidak pernah diketahui publik.”

Saat ini, tingkat ancaman Inggris adalah “substansial” – peringkat tertinggi ketiga, menurut Dinas Keamanan, yang juga dikenal sebagai MI5.

Tingkatannya adalah sebagai berikut:

  • Low – kemungkinan terjadinya serangan sangat kecil
  • Moderate – serangan mungkin terjadi, namun kecil kemungkinannya
  • Substantial – kemungkinan terjadi serangan
  • Severe – serangan sangat mungkin terjadi
  • Critical – serangan sangat mungkin terjadi dalam waktu dekat

Rusia menduga adanya kemungkinan keterlibatan Ukraina dalam serangan pada hari Jumat, Hunt mengomentari hal tersebut kepada Sky News.

“Saya pikir kita kurang percaya pada apa pun yang dikatakan pemerintah Rusia,” kata Hunt.

“Kami tahu bahwa mereka menciptakan smokescreen (tabir, red.) dalam propaganda mereka untuk membela invasinya ke Ukraina.”

Jeremy Hunt menyatakan bahwa ia menerima “apa yang dikatakan pemerintah Rusia dengan sangat hati-hati”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here