Kemlu Tegur Kedubes Jerman, Kepala Perwakilannya Minta Maaf dan Menyesal

SintesaNews.com – Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman meminta maaf kepada Kementerian Luar Negeri RI dan menyesal atas nyelonongnya staf kedubes mereka ke markas geng FPI di Petamburan.

Baca: Mau Apa Jerman Campuri Urusan Dalam Negeri Indonesia? Kegatelan Banget

Alasan Kepala Perwakilan Kedubes Jerman adalah bahwa staf mereka datang ke kandang FPI hanya inisiatif pribadi dan bukan atas perintah dan tanpa sepengetahuan Kedubes Jerman.

Diketahui pada hari Minggu, 20 Desember 2020, Kementerian Luar Negeri memanggil Kepala Perwakilan Kedutaan Jerman di Jakarta untuk meminta klarifikasi dan menyampaikan protes atas kegiatan Staf Kedutaan Jerman di Jakarta yang mendatangi kelompok intoleran dan radikal.

Dalam pertemuan, Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman mengakui adanya staf Kedutaan mendatangi markas FPI.

Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyangkal semua pernyataan Munarman.

Kepala Perwakilan Kedubes Jerman memastikan bahwa kebijakan Pemerintah dan Kedutaan Besar Jerman adalah menolak tegas dukungan Jerman kepada FPI.

Kedutaan Jerman menyampaikan kepada Kemlu dukungan dan komitmen mereka untuk melanjutkan kerja sama bilateral dengan Indonesia dalam rangka melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian.

Kementerian Luar Negeri menuntut agar Kedutaan Besar Jerman  memberikan pernyataan resmi kepada publik sebagaimana yang dijelaskan kepada Kementerian Luar Negeri.

Kedubes Jerman akhirnya akan memulangkan staff diplomatik mereka untuk bertanggungjawab atas tindakannya mendatangi sarang FPI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here