Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Pacitan dari Kocek SBY Sendiri, Begini Penampakannya

Progres pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Kabupaten Pacitan. (ANTARA/Fiqih Arfani)

SintesaNews.com – Saat ini di Pacitan, Jawa Timur sedang dibangun Museum dan Galeri Seni SBY-ANI. Berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan, museum dan galeri seni ini dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar. Total luas bangunan mencapai 7.500 meter persegi.

Museum tersebut dibangun untuk menampilkan sejarah hidup Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dibagi menjadi berbagai tema. Dimulai dari masa kecil dan remaja SBY di Pacitan, hingga terpilih menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat melalui Pilpres 2004.

Tidak hanya tentang sejarah kehidupan SBY semasa tinggal di Pacitan, tetapi juga perjalanan pendidikan, karir militer, politik pemerintahan, hingga capaian kerja satu dekade pemerintahan (2004-2014). Museum ini juga dilengkapi dengan galeri seni istri SBY, almarhumah Ani Yudhoyono yang didedikasikan untuk mengenang warisan dan kontribusi besarnya kepada bangsa saat mengabdi, mengemban tugas sebagai Ibu Negara.

Dalam groundbreaking museum ini pada Februari 2020 lalu SBY mengingkapkan, “Ini adalah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam pada almarhumah istri tercinta.”

SBY mengatakan bahwa almarhumah sangat mencintai Pacitan, sehingga sangat bersemangat dengan ide pembangunan museum di sini. Ibu Ani sangat mendorong untuk segera dilaksanakan pembangunan museum dan galeri seni ini. Ketika di rumah sakit Singapura, Ibu Ani bilang, ‘Pepo kalau nanti saya sudah sembuh, kita atur nanti pembangunan museum dan galeri itu.”

Sosok yang terus mendampingi SBY hingga akhir hayatnya itu turut mendesain langsung beberapa bagian museum.

Lebih lanjut SBY menjelaskan bahwa Museum Kepresidenan Amerika Serikat seperti Truman,
Eisenhower, Clinton, dan Bush yang pernah dikunjungi SBY bersama Ibu Ani dan keluarga, juga dibangun di tanah kelahiran mereka masing-masing. “Dari situlah juga saya mendapatkan inspirasi membangun museum di Pacitan,” kata SBY.

“Secara khusus, saya minta kepada almarhumah untuk mendesain ruang untuk Ibu Negara atau First Lady Section. Museum ini juga tanda cinta saya yang sangat dalam dan abadi kepada almarhumah istri saya tercinta,” ungkap SBY.

Maket, desain Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, akan mampu mendongkrak pariwisata di daerah itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here