Pengakuan Seorang Sapioseksual

Penulis: Suko Waspodo

Penelitian belum mengukur bagaimana kecerdasan dapat membangkitkan gairah seksual orang lain.

Poin-Poin Penting 

  • Sapioseksualitas mungkin lebih merupakan preferensi daripada identitas.
  • Memahami bagaimana kecerdasan dapat menyebabkan gairah seksual membutuhkan penelitian yang lebih berani.

Istilah sapioseksual telah beredar setidaknya selama 10 tahun sekarang, dan diartikan sebagai “seorang individu yang menemukan kecerdasan tingkat tinggi sebagai sifat yang paling menarik secara seksual.” Sebagai seseorang yang mengidentifikasi diri sebagai sapioseksual, saya sedikit kecewa melihat tidak adanya penelitian sapioseksualitas dalam ilmu perilaku, dan agak terdorong-tetapi-pada akhirnya-kecewa dalam penelitian oleh Gignac dan timnya di University of Western Australia. Gignac mendapatkan beberapa ketenaran. untuk merancang SapioQ, kuesioner diagnostik untuk menentukan sapioseksualitas, tetapi pertanyaannya gagal, terutama ketika berbicara tentang sesuatu yang menarik dan dinamis seperti ketertarikan seksual.

SapioQ adalah daftar sembilan pernyataan yang diperingkatkan oleh peserta pada skala Likert 1-5, dari ‘Sangat Tidak Setuju’ hingga ‘Sangat Setuju’ saat berlaku untuk mereka. Meskipun secara psikometris terdengar, SapioQ menyertakan pernyataan seperti “Seseorang yang menarik secara fisik dengan kecerdasan rata-rata hanya mematikan bagiku” dan “Aku tidak dapat membayangkan diriku dalam hubungan seksual dengan seseorang yang bekerja dalam pekerjaan yang sangat menuntut intelektual. ” Keberatan saya terhadap pernyataan-pernyataan ini adalah bahwa mereka memberikan penilaian dingin tentang sapioseksualitas kepada peserta; hanya mempertimbangkan interaksi dengan orang cerdas hipotetis, di mana mereka hanya dianggap cerdas atau kecerdasan mereka ditandai oleh pekerjaan mereka, tidak cukup untuk mengikis permukaan seksualitas.

Selain masalah subjektivitas kecerdasan (yaitu, apa itu?), penilaian sebagian besar tanpa apa yang sebenarnya dilakukan orang yang memiliki kecerdasan untuk sapioseksual. Kecerdasan mewakili sebuah potensi, tetapi kreativitas yang mengalir dari potensi itulah yang menyebabkan kegembiraan. Bagi saya, untuk menemukan seorang penulis wanita, yang prosanya tidak ada duanya, dan menulis dapat merangsang pemikiran yang mendalam dan kemampuan untuk melihat perspektif baru — itulah yang sangat panas. Cara mereka menggunakan kecerdasan mereka untuk memanipulasi dan bermain dengan pikiran saya sendiri yang sangat menggairahkan. Dengan melihat bagaimana beberapa penulis dan seniman terbaik telah membuat orang merasa, mungkin ada beberapa kemajuan yang dapat dipercaya yang dibuat dalam memahami sapioseksualitas. Amatir di semua bidang itu dapat mengenali kecemerlangan kecerdasan ini dengan membandingkan pekerjaan dengan kemampuan mereka sendiri, dan saat itulah ilmuwan perilaku mungkin ingin mulai mengukur aliran darah ke alat kelamin.

SapioQ tampaknya terfokus secara kaku pada gagasan kecerdasan ketika sebenarnya ingin memilih pasangan seksual untuk tujuan hubungan. Tetapi ini melemahkan peran penting fantasi. Saya berpendapat bahwa terlepas dari seksualitas, fantasi memainkan peran besar dalam bagaimana seseorang mengalami pemikiran dan kepuasan seksual. Pikiran Anda digoda oleh akrobat intelektual seseorang membuat malam yang menyenangkan. Hasil kreatif dari banyak intelektual sudah ada di dalam rumah orang, siap digunakan ketika seseorang ingin meredupkan lampu dan digoda oleh para genius. Ini adalah saat-saat pribadi untuk sapioseksual dan mereka mungkin tidak beralih untuk menemukan pasangan.

Mungkin masalah terbesar dengan sapioseksualitas adalah bahwa hal itu mungkin dianggap bukan seksualitas sama sekali. Seksualitas adalah sejenis identitas makro yang mencoba menggambarkan, dengan cara yang hampir eksklusif, dengan siapa seseorang ingin berinteraksi secara seksual. Gignac tampaknya mengakui masalah ini dengan instruksi tambahan kepada peserta ketika mereka menyelesaikan SapioQ: “Saat mempertimbangkan tanggapan Anda, asumsikan bahwa orang/pasangan itu berjenis kelamin pilihan Anda.” Dengan kata lain, mereka mengakui bahwa sapioseksualitas kemungkinan besar sekunder dari seksualitas utama seseorang. Tetapi mungkin ada seksualitas sekunder. Mungkin fluiditas makroseksualitas mengarah langsung ke preferensi dan orientasi seksual sekunder. Atau mungkin sapioseksualitas ditakdirkan untuk berakhir dengan kekusutan, kebiasaan, dan bahkan parafilia. Hanya penelitian yang lebih solid dan penuh perasaan yang dapat mulai mengupas lapisan-lapisan sapioseksualitas.

Dapatkah saya menilai dari 1 hingga 5 jika “Mendengarkan seseorang berbicara dengan sangat cerdas membangkitkan gairah seksualku”? Tidak juga, bukan tanpa menambahkan begitu banyak konteks dari kedalaman fantasi saya sendiri.

***

Solo, Jumat, 4 Maret 2022. 9:44 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here