Tidur dengan Musuh: Pandangan Modern tentang Pemerkosaan Pernikahan

Penulis: Suko Waspodo

Saat bahaya ada di dalam.

Poin-Poin Penting

-Iklan-
  • Kesetiaan dan lama pernikahan memengaruhi persepsi pemerkosaan dalam pernikahan
  • Persepsi perkosaan dalam perkawinan mungkin tergantung pada apakah korban berpakaian “muram” atau menggoda
  • Orang-orang dengan sikap yang lebih tradisional tentang pernikahan mungkin memandang korban sebagai yang lebih bertanggung jawab atas pemerkosaan dalam pernikahan.

Serangan seksual adalah kejahatan tercela, dihina dan dikecam secara universal. Tetapi dalam beberapa kasus, tingkat kesalahan yang dirasakan tergantung, setidaknya sebagian, pada hubungan antara para pihak.

Menurut teman saya, seorang jaksa kejahatan seks, beberapa kasus paling menantang yang pernah dia tangani adalah kasus pemerkosaan dalam pernikahan. Dari keengganan untuk melapor, kurangnya kerjasama dengan penegak hukum, hingga penanganan kesalahpahaman juri tentang hukum, ada masalah unik yang terlibat ketika pemerkosa dan korban menikah.

Salah satu masalah terbesar, seperti yang bisa diduga, melibatkan keyakinan pelaku akan persetujuan—dan apakah keyakinan itu masuk akal dalam situasi tersebut. Tetapi faktor-faktor lain memengaruhi cara anggota masyarakat memandang tanggung jawab dan kesalahan korban.

Perselingkuhan dan Perkosaan Pernikahan

Bethany A. Munge dkk. meneliti dampak kesetiaan dan lama pernikahan pada persepsi pemerkosaan dalam pernikahan. Disajikan dengan berbagai sketsa memvariasikan lama pernikahan (3 tahun atau 15) dan kesetiaan istri (setia atau memiliki hubungan seksual yang berkelanjutan dengan pria lain), mereka menemukan bahwa kedua variabel secara signifikan mempengaruhi persepsi perkosaan dalam pernikahan. Peserta menemukan istri yang tidak setia lebih bertanggung jawab atas pemerkosaan dalam pernikahan, terutama dalam pernikahan jangka panjang.

Menikah dan Sederhana

Apakah penting apa yang dikenakan seorang istri ketika pelakunya adalah suaminya? Menurut psikologi bahkan teman dan anggota keluarga yang paling simpatik dan mendukung dengan maksud baik mempertanyakan apa yang dikenakan korban selama serangan seksual. Rupanya, ini adalah masalah bahkan ketika pihak sudah menikah.

Mark A. Whatley menyelidiki bagaimana orang memandang pemerkosaan dalam pernikahan dalam hal jenis kelamin, pakaian korban, dan sikap menyalahkan korban. Peserta membaca skenario fiktif dari insiden pemerkosaan dalam pernikahan, memvariasikan pakaian korban antara berpakaian “muram” atau menggoda. Pria percaya bahwa korban lebih pantas menerima serangan daripada wanita, dan seperti yang diperkirakan, korban yang berpakaian sugestif dinilai lebih bertanggung jawab dan layak daripada korban yang berpakaian muram. Peserta dengan sikap yang lebih tradisional tentang pernikahan lebih cenderung percaya bahwa korban lebih bertanggung jawab dan layak diserang daripada peserta dengan kepercayaan yang lebih egaliter.

Berpakaian untuk Pengadilan

Pakaian yang dikenakan oleh korban yang sudah menikah juga penting di pengadilan. Kirsty Osborn dkk. (2021) menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan juri dalam kasus kenalan versus perkosaan dalam pernikahan, menemukan bahwa vonis bersalah, serta hukuman, secara signifikan lebih tinggi ketika korban menikah (tetapi bukan kenalan) berpakaian rapi daripada santai di pengadilan.

Dalam penelitiannya, Osborn et al. juga mencatat bahwa atribusi bersalah lebih tinggi dalam kenalan dibandingkan dengan kondisi menikah dan bahwa terdakwa menikah menerima hukuman yang secara signifikan lebih pendek daripada terdakwa kenalan. Mereka mengamati bahwa hasil mereka mendukung perspektif patriarki pernikahan di mana suami memiliki “hak” atas tubuh istri mereka, terlepas dari persetujuan.

Mendukung Korban

Dalam setiap kasus, tujuannya adalah untuk menyediakan lingkungan dukungan tanpa syarat di mana korban perkosaan dalam perkawinan merasa diberdayakan untuk maju. Mengakui potensi bias dan stereotip seputar pemerkosaan dalam perkawinan dan faktor-faktor yang terkait dengan atribusi tanggung jawab dan rasa bersalah akan memfasilitasi penyelidikan, penuntutan, dan pencarian keadilan yang berhasil.

***
Solo, Senin, 29 Agustus 2022. 6:26 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here