Bakwan Garing adalah Kunci, Ini Rahasia Goreng Bakwan Jadi Lebih Renyah dan Garing di Luar

SintesaNews.com – Bakwan merupakan salah satu jenis gorengan yang banyak digemari. Biasanya bakwan terbuat dari aneka sayuran seperti wortel dan kol, serta jagung, tahu, hingga udang. Bakwan identik sebagai gorengan yang renyah di luar dan lembut di dalam. Sensasi kenyal dari tepung bersatu nikmat dengan gurihnya sayuran di dalam adonan.

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk membuat bakwan yang renyah tahan lama:

1. Pakai air es

-Iklan-

Pertama, campur adonan tepung dengan seduhan air dingin atau air es. Air dengan suhu dingin bisa membuat bakwan menjadi semakin renyah nantinya.

2. Campur tepung beras

Selain tepung terigu, bisa dicampurkan adonan dengan tambahan tepung beras. Tapi jangan semuanya (tepung beras) nanti kenyalnya bakwan akan habis, keras dia. Mungkin sekitar 20-30 persen boleh.

3. Tambah kuning telur

Campurkan kuning telur sedikit saja ke dalam adonan. Tak perlu gunakan bagian putihnya, cukup kuningnya saja. Campur hingga merata ke dalam adonan. Kuning telur ini juga bisa membuat bakwan jadi lebih gurih.

4. Pakai baking soda

Selanjutnya, ada juga opsi menambahkan baking soda ke dalam campuran adonan. Baking soda akan membuat adonan sedikit mengembang dan akhirnya jadi lebih garing. Itu bisa juga tapi jangan terlalu banyak, sedikit saja. Sejumput mungkin ya.

5. Campurkan kapur sirih

Bahan tambahan lainnya juga bisa menggunakan campuran kapur sirih. Penggunaan kapur sirih ini merupakan salah satu cara tradisional yang dulu sering dilakukan masyarakat. Jangan sampai terlalu banyak.

Biasanya campuran kapur sirih digunakan untuk membuat adonan peyek semakin renyah. Namun, bisa juga diaplikasikan pada bakwan.

6. Gunakan minyak panas

Jika adonan sudah jadi dan takaran sudah pas, saatnya menggoreng bakwan. Kunci menggoreng terletak pada suhu minyak yang digunakan. Panaskan minyak dengan api agak besar. Setelah panas, masukkan adonan bakwan. Lalu goreng hingga bakwan tidak lagi menempel ke penggorengan. Alias sudah tidak lengket lagi. Kemudian sudah lepas dari wajan, dikurangi apinya. Jadi nanti di dalamnya matang. Ini untuk mengeringkan luarnya dulu saja.

Nah, itu rahasia trik menggoreng bakwan jadi lebih renyah dan garing di luar. Ada bakwan di segala acara, keluarga, sahabat, tamu, casual santai, maupun di rapat-rapat resmi, membuat suasana lebih hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here