Menkes BGS: Kunci Penyelesaian Pandemi Covid-19 Ada di Tangan Emak-emak

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

SintesaNews.com – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (BGS) mengatakan bahwa untuk mengatasi pandemi Covid-19 agar bisa terselesaikan masalahnya, ada di tangan para ibu.

Menkes BGS dalam Dialog Warga “Vaksin dan Kita” yang dilakukan secara online, mengatakan bahwa yang diperlukan dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini adalah perubahan perilaku masyarakat.

“Tentara dan polisi sudah memaksa tetap gak berhasil. Harusnya perubahan perilaku bisa dilakukan oleh PKK,” tutur BGS.

“Karena apa yang ditakuti seorang pria selain polisi? Istri (ibu). Nanti dia ngajarin suaminya dan ngancem anak-anaknya supaya pakai masker dan cuci tangan,” imbuhnya.

“Saya aja kalau pergi, dimarahin istri, nurut. Menteri aja nurut,” ujar BGS.

Menkes mengatakan ini usai menjelaskan apa saja yang telah dikerjakannya persis usai dilantik Presiden Jokowi pada Desember 2020 lalu. Menkes memaparkan semua strategi Kementerian Kesehatan dalam program mengatasi pandemi Covid-19 dan upaya vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan berbagai masalah-masalah baru yang kompleks ia hadapi sampai pada tanggal 25 Desember pun ia tidak libur untuk memastikan kesiapan Rumah Sakit-Rumah Sakit dalam menghadapi lonjakan angka Covid pasca liburan.

Menkes menganalogikan dalam paparannya bahwa kita terbiasa hanya mengatasi masalah seperti genteng bocor hanya ditadahi dengan ember, tapi tidak membetulkan genteng bocornya.

Menurut Menkes program vaksinasi dari pemerintah bukan menjamin covid-19 akan segera hilang, masih dibutuhkan waktu beberapa tahun, menurut hitungannya. Dilihat dari perbedaan kesiapan antar daerah, puskesmas dan fasilitasnya, dan hambatan-hambatan lainnya.

Karena itu yang harus dilakukan masyarakat, juga semua bidang sektor adalah perubahan perilaku. Dan perubahan perilaku inilah kuncinya ada di tangan ’emak-emak.’

Menkes BGS mencontohkan, sejak peristiwa 9/11, terjadi perubahan sistem penerbangan. Dan itu bisa diikuti oleh masyarakat. Sebelum naik pesawat harus dicek semuanya bahkan harus buka ikat pinggang dan sepatu. Sehingga terjadi perubahan perilaku orang-orang di sektor bisnis penerbangan.

 

Tayangan bisa dilihat di sini:

https://youtu.be/fBYQHhkFfoM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here