Dirut Pertamina ke DPR: Depo Plumpang Tidak Pindah dan Tidak Akan Tutup

SintesaNews.com – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (14/3/2023), mengungkapkan beberapa fasilitas di Depo Pertamina Plumpang, antara lain terminal BBM (TBBM) ritel, terminal BBM industri, elpiji, pelumas, dan sebagainya.

Mengenai rencana soal relokasi depo ternyata yang pindah hanya fasilitas TBBM ritel. Itu pun baru akan terjadi 5 tahun lagi.

Terminal BBM ritel bakal dipindah ke Kali Baru, Jakarta Utara, lahan milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Namun, fasilitas baru di Kali Baru itu diperkirakan baru akan rampung lima tahun mendatang.

Oleh sebab itu, Depo Plumpang ke depannya masih akan beroperasi dan tidak bisa ditutup.

Nicke menjelaskan, Depo Plumpang merupakan integrated terminal Jakarta. Di dalamnya mencakup terminal BBM ritel, BBM untuk industri, elpiji, hingga pelumas.

“Bukan hanya terminal BBM ritel, di situ ada juga terminal BBM industri, elpiji, pelumas, dan sebagainya, namun yang akan direlokasi sebagian saja yaitu BBM ritel,” ujar Nicke dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Dia menuturkan, terminal BBM ritel kegiatannya sangat padat di Depo Plumpang, terlebih depo ini berdekatan dengan pemukiman warga.

Pengisian BBM ke mobil tangki mencapai 1.000 kali per hari di depo tersebut. Artinya, satu mobil tangki bisa 3-4 kali bolak-balik di stasiun pengisian (filling station) terminal BBM ritel Depo Plumpang.

“Sehingga kalau dengan kondisi hari ini jalanan juga berbaur dengan masyarakat, dan di kawasan itu juga sudah sangat padat dengan penduduk, maka ini (terminal BBM ritel) perlu direlokasi,” kata dia.

Oleh sebab itu, relokasi TBBM ritel ini tak berkaitan dengan insiden kebakaran pipa di Depo Plumpang 3 Maret 2023.

Nicke menegaskan, rencana relokasi terminal BBM ritel dari Depo Plumpang memang menjadi bagian dari program perusahaan sejak tiga tahun lalu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here