Virus Corona Mampu Hidup Selama 9 Hari Pada Benda Mati

Oleh: Langit Quinn

SintesaNews.com – Jumlah kematian akibat Virus Corona jenis baru ini semakin meningkat.

Virus ini disebut dapat bertahan hidup lebih lama dibanding virus flu biasa. Kecuali permukaannya didesinfeksi, virus dapat mengintai dan tetap menular empat kali lebih lama dari flu yang bertahan selama dua hari.

Dikutip Dikutip dari worldofbuzz,  diduga virus corona jenis baru ini mungkin bisa bertahan hingga 9 hari pada permukaan benda mati. Seorang profesor Gunter Kampf dari Greifswald University Hospital’s Institute of Hygiene and Environmental Medicine telah melakukan penelitian terhadap coronavirus dengan melakukan perbandingan terhadap 22 penelitian tentang coronavirus lain seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MER ia telah menemukan bahwa virus jenis ini dapat bertahan hingga 9 hari di permukaan benda mati.

Benda mati yang dimaksud adalah benda yang memiliki permukaan baja dan plastik seperti pegangan pintu, pegangan tangan pada kereta atau bus dan angkutan umum lainnya, kancing baju, kerangka tempat tidur dan lain sebagainya.

Virus corona juga dapat hidup lama pada suhu rendah dan kelembaban yang tinggi.

Virus Coroan terbaru atau Covid-19 ini dikenal dengan virus yang dapat menulari melalui tetesan, dari manusia ke manusia, maupun manusia yang melakukan kontak dengan permukaan benda mati seperti pegangan pintu mobil, kancing baju, pegangan angkutan umum,  yang telah terkontaminasi, untuk itu sangat disarankan selalu mencuci tangan setelah atau sebelum menyentuh benda apapun.

Penelitian juga mengungkap virus-virus tersebut relatif mudah dibunuh dengan alkohol atau pemutih tapi dapat hidup untuk waktu yang lama jika dibiarkan tidak terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here